Reading

Sedang Memulai Berjualan di Pinterest? Ini Panduannya!

16.09.2022 3 minutes to read

Demo

Kita tahu kalau aplikasi Pinterest adalah platform yang menghadirkan banyak foto-foto estetik dan kabar baiknya aplikasi ini bisa menjadi salah satu aplikasi untuk mempromosikan jualan Anda lho! Pengguna Pinterest saat ini sudah lebih dari 433 juta orang dan 83% dari penggunanya telah melakukan pembelian dari konten-konten yang mereka lihat di Pinterest.

Jadi bagaimana tips yang efektif agar bisa mendapatkan konversi penjualan di Pinterest? Yuk ikuti panduan berikut ini!

1. Buat Akun Bisnis di Pinterest

Akun ini bisa dibuat secara gratis dan memberikan akses pada Pinterest Analytics serta fitur-fitur menarik lainnya seperti Pinterest widgets dan Pinterest tag. Jika Anda sudah memiliki akun di Pinterest, Anda juga bisa mengubahkan ke akun bisnis tanpa kehilangan konten-konten Anda sebelumnya. Namun, jika Anda ingin melakukan iklan di Pinterest, Anda bisa melakukan upgrade akun dan mengatur metode pembayaran.

2. Buat Kategori yang Tepat untuk Konten Anda

Tip ini bertujuan agar pin dan boards Anda mudah ditemukan. Pengguna dapat dengan mudah mencari konten yang ingin ditemukan melalui categories section. Beberapa kategori yang populer di Pinterest seperti travel, health dan wellness, dan beauty.

3. Gunakan Gambar dan Video yang Unik

Serupa dengan media sosial lain seperti Instagram, Pinterest juga berisikan kumpulan gambar dan video. Tapi, pastikan Anda memposting gambar atau video yang menarik agar bisa dengan mudah dilirik oleh pengguna. Ada beberapa tips untuk membuat konten yang unik dan menarik, yaitu:

  • Buat video yang berisi brand Anda untuk mempromosikan produk dan perusahaan Anda. Pengguna Pinterest menonton hampir 1 miliar video per hari.
  • Bagikan gambar dan video yang menunjukkan produk Anda dalam berbagai gaya atau event tertentu. Ini akan memudahkan pengguna untuk memvisualisasikan diri mereka seolah-olah menggunakan produk tersebut.
  • Hindari penggunaan ruang kosong atau ruang putih pada gambar karena gambar dengan ruang kosong kurang dari 30% lebih banyak ditandai di Pinterest.
  • Buat board khusus yang berisi gambar yang paling menggambarkan perusahaan Anda dan infografik.

4. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Jika Anda menggunakan kata kunci dalam profil, pin, post, maupun board maka akun Anda secara organik akan mudah muncul di halaman pencarian pengguna lain. Contohnya, jika Anda menjual koper maka kata kunci yang bisa digunakan seperti liburan, pergi jalan-jalan. Dengan cara ini, ketika pengguna mencari kata kunci tersebut maka profil akun dan gambar produk koper Anda akan muncul di halaman mereka.

Saat melakukan riset kata kunci di Pinterest, Anda bisa mulai mencari frasa yang berkaitan dengan produk Anda pada Pinterest. Cari di kolom pencarian salah satu kata kunci yang berkaitan dengan produk koper Anda, misalkan liburan. Anda akan menemukan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan produk pada bagian atas layar. Ini menunjukkan kalau beberapa kata kunci ini merupakan frase yang dicari oleh para pengguna. Agar postingan Anda dapat dengan mudah ditemukan pengguna, ada beberapa lokasi yang tepat untuk menambahkan kata kunci Anda yaitu profil, bio, deskripsi pin, judul board, dan alt text.

5. Bagikan akun Pinterest Anda di Sosial Media Lain

Manfaatkan sosial media Anda untuk mempromosikan akun Pinterest Anda. Tambahkan link akun Pinterest pada akun Etsy, Youtube atau bisa juga tautkan akun Pinterest Anda dengan akun Facebook atau Google sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan dan menambahkan teman.

6. Ikuti dan Jalin Interaksi dengan Akun Lain

Cara ini bertujuan untuk menjalin relasi dan loyalitas pengguna terhadap brand Anda. Ikuti akun-akun pengguna baru yang memiliki ketertarikan pada brand Anda. Lakukan re-Pin, Like, dan berikan komen pada akun pengguna lain. Rajin membalas komen atau pesan dari akun pengguna lain. Pastikan bahwa mereka diperhatikan.

7. Jangan Lupa Lakukan Analisis

Jika Anda menggunakan Pinterest untuk branding dan ingin terjadi konversi penjualan, maka hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan analisis marketing. Anda bisa melakukannya di Pinterest analytics. Pada alat ini Anda akan mendapatkan berbagai informasi seperti metrik profil secara lengkap, laporan jumlah pengguna yang menyimpan dan re-Pin konten Anda, metrik interaksi pengguna dengan konten, dan data tentang pin Anda yang paling populer.

Yuk, mari coba melakukan promosi dan mulai berjualan di Pinterest. Selamat mencoba!