Reading

Pentingnya Mobile App Bagi Tim Anda

12.10.2022 3 minutes to read

Demo

Mobile app atau aplikasi seluler tak hanya memiliki peranan penting bagi pelanggan atau konsumen, tetapi juga bagi tim atau karyawan Anda. Perangkat lunak yang digunakan dalam smartphone ini berkontribusi dalam kepuasan pengguna, baik itu dari sisi konsumen maupun karyawan. Aplikasi yang dirancang dengan baik dan dioptimalkan untuk perangkat seluler dapat memberikan banyak manfaat untuk penggunanya bahkan karyawannya sendiri. Sebagian besar perusahaan menyadari akan hal ini dan mulai mengembangkannya. Berikut penjelasan detailnya.

Bagaimana Pengalaman Karyawan berdampak pada Pengalaman Pengguna?

Banyak perusahaan yang hanya berfokus pada kepuasan pengalaman penggunanya (dalam hal ini konsumen) saja, tetapi kurang memperhatikan kepuasan pengalaman dari karyawannya. Namun, perlahan, sekarang mereka mulai menyadari bahwa meningkatkan kepuasaan pengalaman dari karyawan juga penting untuk meningkatkan kepuasan pengalaman dari penggunanya.

Hal ini dibuktikan oleh survei IDC yang berjudul, “Analisis Perspektif Pasar: Strategi Manajemen Pengalaman Karyawan di Seluruh Dunia Tahun 2021”. Hasil survei IDC tersebut menyimpulkan bahwa 85% responden setuju bahwa memperbaiki pengalaman karyawan dan meningkatkan engagement karyawan merefleksikan pengalaman pengguna yang lebih baik, kepuasan pengguna dan meningkatkan pendapatan dari perusahaan. Faktanya, 62% responden mengatakan bahwa ada hubungan sebab akibat antara EX (Employee Experience atau pengalaman karyawan) dan CX (Customer Experience atau pengalaman pengguna) serta efek yang besar dan terukur. Lebih dari setengah responden (58%) mengindikasikan bahwa kepuasan pengguna merupakan kunci penting dalam mengevaluasi produktivitas karyawan.

Bagaimana Mobile App dengan EX dan CX yang Baik Itu?

Mobile app meruapakan kunci untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik. Pengalaman penggunaan seluler dapat mencakup aplikasi B2C untuk memesan kebutuhan harian dasar sampai jasa teknisi. Menawarkan pengalaman menggunakan mobile app tidak hanya kebutuhan atau sebatas bagian dari sistem pelayanan saja. Tetapi ada hal yang sangat penting bagi perusahaan yaitu untuk selalu melakukan perbaikan dan evaluasi agar pengguna merasa puas. Apa maksud praktisnya? Ada 3 atribut penting untuk menciptakan mobile app yang well-design sesuai untuk penggunanya, yaitu:

1. Kesadaran kontekstual

Aplikasi yang sadar akan konteks yaitu mengetahui siapa pengguna aplikasi ini, di mana pengguna, dan apa yang dilakukan pengguna. Contohnya aplikasi medis, aplikasi yang baik akan menggunakan setingan lokasi dan sensor untuk menarik informasi pasien pada perangkat dokter segera setelah mereka masuk aplikasi. Aplikasi menjadi tertaut dengan perangkat dokter, sehingga riwayat data tersimpan dengan baik yang mana dapat digunakan untuk meningkatkan layanan.

2. Intelegensi

Aplikasi yang canggih adalah yang memberikan pengalaman lebih baik untuk penggunanya. Aplikasi yang bagus secara berkala akan menganalisis data untuk memberikan layanan yang komprehensif pada penggunanya (informasi terkini). Contohnya pada aplikasi medis, aplikasi yang canggih akan mengeksplor riwayat data dan menyajikannya pada sebuah analisis yang lengkap terkait gejala yang dialami pasien dan pilihan perawatan.

3. Proaktif

Daripada pengguna mencari informasi di luar, maka aplikasi yang canggih akan menjemput penggunanya yaitu dengan memberikan informasi melalui menu pemberitahuan, chat bots, dan pesan. Aplikasi yang proaktif juga menggunakan konteks dan intelegensi untuk menawarkan rekomendasi.

Bagaimana Anda Memperbaiki Pengalaman Karyawan?

Mobile app adalah cara yang baik untuk memperbaiki pengalaman karyawan. Berikut 3 cara untuk memperbaiki pengalaman karyawan melalui mobile app Anda:

1. Mengukur Metrik yang Paling Penting

Menentukan berapa lama karyawan menggunakan perangkat seluler setiap hari, menemukan aplikasi apa yang paling sering mereka gunakan, dan bagaimana mereka menggunakannya. Sekali Anda tahu hal tersebut, maka Anda akan dapat membangun aplikasi yang lebih baik.

2. Memperbaiki Layanan Bantuan

Jika karyawan Anda tidak dapat menggunakan perangkat mereka atau aplikasinya, maka pengalaman mereka menjadi menurun. Sebagaimana Anda melihat layanan bantuan, pastikan mereka dapat mengoptimalkan teknologi terbaru. Perusahaan/organisasi yang paling sukses memiliki pendekatan pada layanan bantuan ini. Hal ini berfokus pada bagaimana kita bisa mengatasi masalah yang dihadapi karyawan sehingga performa pekerjaan dan produktivitas pun akan meningkat.

3. Perbaiki Performa Aplikasi

Aplikasi yang lamban membuatnya menjadi tidak bermanfaat dan secara signifikan menggangu pengalaman karyawan. Pertimbangkan untuk memperbaiki perangkat keras seluler untuk performa lebih baik. Pecahkan masalah yang muncul pada aplikasi Anda dan pastikan performanya berfungsi dengan baik.

Nah, kini Anda tahu bahwa user experience pada mobile app Anda tak hanya memiliki peran penting bagi konsumen namun bagi produktivitas team atau karyawan Anda. Apakah Anda sudah menerapkan hal ini?