Reading

Gunakan Konten untuk Membuat Bisnis Anda Unik dan Berbeda

11.08.2022 4 minutes to read

Demo

Mencari sesuatu yang dapat membuat produk atau bisnis Anda unik? Ingin tahu apakah membuat konten yang tepat dapat meningkatkan kesempatan Anda memenangi persaingan dengan para kompetitor? Nah, di sini Anda akan menemukan alasan mengapa konten dapat menjadi pembeda bisnis Anda dengan kompetitor dan membuat bisnis Anda menjadi unik serta bagaimana cara melakukannya dengan benar.

Entah Anda hanya memiliki 1 orang dalam tim Anda ataupun 100 orang sekalipun, di era digital sekarang ini semua bisnis berusaha untuk membuat konten yang bagi audiens yang pada akhirnya akan mengubah beberapa dari audiens ini menjadi pelanggan.

Di masa lalu, strategi Anda seputar konten mungkin bertujuan untuk menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi para audiens di sebanyak mungkin platform. Tapi keadaan sekarang berbeda. Anda harus mengembangkan loyalitas audiens terhadap konten yang Anda buat.

Ketika kita berbicara tentang apa arti konten bagi sebuah bisnis, yang sebenarnya kita bicarakan adalah komunikasi. Pikirkan strategi konten Anda sebagai strategi komunikasi. Anda perlu mencari tahu bagaimana Anda akan berkomunikasi secara konsisten di berbagai channel untuk menarik audiens Anda dan menciptakan diferensiasi, keunikan, dan tentu saja keunggulan yang kompetitif dari bisnis Anda.

Berikut adalah kerangka kerja atau framework yang dapat Anda ikuti dalam menggunakan konten untuk membuat bisnis Anda menjadi unik dan berbeda.

1. Bangun Content Universe Anda

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan para pebisnis dengan konten adalah mereka tidak membangun apa pun. Mereka hanya menjawab pertanyaan yang dimiliki audiens mereka. Meskipun mereka mungkin mendapatkan beberapa benefit dari strategi SEO, begitu audiens mereka mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan, mereka akan segera pergi.

Agar strategi konten jangka panjang Anda berhasil, berhentilah memikirkan konten sebagai aset atau sebuah post tunggal. Alih-alih, fokuslah untuk membangun jagat konten alias content universe, di mana post nomor satu lebih baik karena post nomor lima ada, dan post enam lebih baik karena post nomor satu ada. Dan seterusnya.

Ketika Anda memikirkan strategi itu dari perspektif bisnis, ini tentang menciptakan sebuah “dunia” konten tempat orang ingin masuk dan tinggal. Mereka ingin terus membaca dari satu konten ke konten lainnya karena itu saling terkait. Alih-alih hanya aset satu kali, tujuannya adalah untuk membangun kumpulan kerja lengkap yang membedakan bisnis Anda dari kompetitor Anda.

2. Perlakukan Konten Anda Seperti Produk

Saat Anda mulai merencanakan content universe Anda, akan sangat membantu untuk melakukan pendekatan pada platform konten Anda dengan cara yang sama seperti saat Anda membuat produk. Sebagian besar bisnis, saat mereka mengembangkan produk baru, meluangkan waktu untuk merencanakan dan memprioritaskan bagaimana produk itu cocok dengan strategi bisnis mereka secara keseluruhan. Bagaimana produk mereka dapat mencapai misi mereka? Bagaimana itu mewakili merek mereka? Namun sayangnya, mereka tidak mengambil pendekatan yang sama saat membuat konten.

Saat membuat konten Anda sendiri, Anda harus memikirkan seperti apa tampilan konten Anda di berbagai format dan di mana audiens Anda dapat menemukannya.

Tentu saja, marketer cenderung berpikir seperti marketer. Hal pertama yang mereka pertimbangkan adalah wadah untuk konten mereka: apakah itu postingan blog, iklan, atau lainnya? Begitu mereka mengidentifikasi apa wadahnya, mereka fokus pada bagaimana mereka akan mengisi wadah itu.

Tetapi strategi konten yang hebat dimulai dari ujung yang lain, yaitu apa cerita dan nilai yang ingin Anda berikan kepada audiens Anda? Kemudian Anda membangunnya ke dalam format yang berbeda untuk platform yang berbeda.

Keuntungan dari pendekatan ini adalah membantu Anda memikirkan semua kebutuhan konten yang Anda miliki sejak awal. Jika Anda berencana untuk menggunakan podcast menjadi berbagai bagian konten, Anda dapat mulai menyusun alur kerja yang menyerupai seorang sutradara saat mereka merencanakan cara merekam semua adegan dalam film.

3. Rencanakan dan Prioritaskan Pembuatan Konten Anda

Bisnis umumnya tidak mengalami kesulitan dalam menghasilkan ide konten. Masalahnya terletak pada menemukan kemampuan untuk mengeksekusinya. Kenyataannya adalah Anda tidak akan pernah memiliki cukup banyak orang untuk menjalankan content universe yang kohesif dan terkoordinasi tanpa memprioritaskan dan merencanakan strategi Anda.

Penting untuk mendokumentasikan konten yang saat ini menjadi tanggung jawab Anda untuk dibuat. Pikirkan tentang ini seperti pengontrol lalu lintas udara yang melacak pesawat di angkasa. Anda dan tim Anda perlu mengembangkan kalender konten yang mencakup semua yang Anda lakukan untuk konten Anda. Ini akan memberikan visibilitas kepada semua orang yang terlibat dalam pembuatan konten seperti tim penjualan, manajer media sosial, dan editor video.

Nah, sekarang setelah Anda mengidentifikasi semua pesawat yang ada di angkasa, Anda dapat mulai berbicara tentang cara terbaik untuk mengarahkan mereka. Meskipun benar bahwa memasukkan perencanaan dan prioritas ke dalam proses pembuatan konten akan memperlambat segalanya, Anda akan lebih dari sekadar menebusnya dalam kemampuan Anda untuk menggunakan kembali konten dan mengisi banyak saluran dengan beberapa versi dari konten tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Sudah siap untuk memanfaatkan konten Anda sebagai langkah untuk membuat bisnis Anda menjadi unik dan berbeda? Selamat mencoba!