Reading

5 Tips Pinterest Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Anda

05.07.2022 4 minutes to read

Demo

Pinterest diluncurkan dalam versi beta pada tahun 2010. Dalam kurun waktu 9 bulan sejak diluncurkan, website tersebut telah memiliki 10.000 pengguna. Setengah dari kaum milenial di seluruh dunia menggunakan Pinterest. Situs jejaring sosial ini memiliki user engagement atau keterlibatan pengguna yang kuat. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Pinterest marketing bisa menjadi langkah yang tepat untuk memasarkan produk Anda?

Pemasaran di Pinterest atau sering disebut dengan istilah Pinterest marketing bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda. Dengan membuat pin yang dapat dibagikan dan relevan dengan target audiens Anda, maka Anda dapat menjangkau banyak orang yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Selain itu, Pinterest memungkinkan Anda menargetkan demografi, minat, dan bahkan lokasi tertentu. Dengan basis pengguna yang besar dan kemampuannya untuk menargetkan audiens tertentu, Pinterest dapat menjadi platform pemasaran yang kuat untuk bisnis Anda.

Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana menggunakan Pinterest untuk pemasaran untuk mendapatkan traffic dan penjualan di website Anda? Nah simak dulu tips di bawah ini!

5 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Memulai Pinterest Marketing

1. Kategorikan Board dengan Baik dan Rapi

Pinterest berbeda dari halaman Facebook bisnis Anda. Halaman Facebook memiliki campuran informasi yang diposting dalam urutan kronologis, bukan dalam urutan relevansi dengan kepentingan atau topik. Pinterest memungkinkan Anda membuat banyak board. Satu board untuk setiap kategori produk atau layanan Anda. Pinterest membuat pengguna tetap terlibat dalam konten umum dan konten khusus sesuai minat mereka.

Menurut penelitian, 82% pengguna Pinterest harian ternyata memanfaatkan pin di untuk memandu keputusan pembelian mereka. Jadi, buatlah board dan pin yang membuat tager audiens Anda merasa senang dan puas karena menemukan produk atau layanan yang mereka inginkan!

2. Verifikasi Website atau Blog

Salah satu langkah paling praktis adalah memverifikasi website atau blog Anda di akun Pinterest Anda. Ini menunjukkan kepada audiens Pinterest bahwa Anda memiliki konten yang disematkan dari website Anda. Selain itu, ini juga memberi Anda akses ke Pinterest Analytics.

Setelah website atau blog Anda diverifikasi, pengunjung Anda akan melihat tanda centang di sebelah nama bisnis Anda. Ini akan meningkatkan kredibilitas dan tentu saja membuat pengguna cenderung lebih tertarik untuk mempelajari produk atau layanan Anda.

3. Optimalkan Profil dengan Menambahkan Lokasi

Jika Anda mengelola bisnis lokal, profil Anda harus menyebutkan area yang Anda layani dan lokasi bisnis Anda. Bahkan memasukkannya ke dalam nama pengguna juga merupakan ide yang bagus. Namun, Anda akan terkejut betapa banyak profil Pinterest yang dibuat tanpa informasi lokasi! Hal ini menyebabkan audiens mereka kebingungan tentang layanan dan produk yang mereka tawarkan.

Misalnya, jika Anda mencari wedding organizer di area Jakarta Utara, maka profil Pinterest yang mencakup area Jakarta Utara, dan portofolio wedding organizer kemungkinan besar akan muncul dalam hasil pencarian Anda. Jadi, inilah pentingnya memasukkan lokasi bisnis Anda untuk mencakup target potensial Anda.

4. Pelajari Pinterest Analytics

Pinterest Analytics sangat penting untuk menganalisa startegi pemasaran Anda secara keseluruhan dalam Pinterest marketing yang Anda jalankan. Ini akan memberi Anda informasi tentang mereka yang melihat halaman dan pin Anda. Menariknya, Pinterest menawarkan Anda untuk mempelajari tentang demografi audiens Anda, perangkat yang digunakan pengunjung Anda, dan apa pin Anda yang paling populer.

Selain itu, Anda juga dapat melihat data tentang tayangan dan pemirsa harian rata-rata profil Anda, pemirsa bulanan rata-rata, dan keterlibatan bulanan rata-rata.

5. Optimalkan Profil Pinterest Anda untuk SEO

SEO (Searh Engine Optimization), adalah salah satu istilah yang paling sering digunakan dalam pemasaran media sosial dari niche apa pun. Namun, sebagian besar marketer hanya mengoptimalkan blog atau website mereka dan memilih keluar dari media sosial. Padahal, mengoptimalkan SEO di Pinterest Anda bisa memberikan dampak yang cukup besar lho!

Berikut ini beberapa langkah simple yang bisa Anda lakukan:

Riset Kata Kunci

Catat kategori dan topik paling populer untuk niche Anda. Pelajari akun Pinterest dari kompetitor Anda juga untuk melihat kata kunci apa yang mereka targetkan.

Menggabungkan Kata Kunci

Kedua, masukkan kata kunci ini ke dalam nama dan deskripsi profil Anda. Jadikan itu menonjol. Hindari keyword stuffing atau memasukkan kata kunci yang terlalu padat seperti yang biasa dilakukan pada media sosial lainnya.

Board yang Terkait dengan Niche

Ketiga, buat board yang terkait dengan niche Anda. Misalnya, buat satu board yang berisi “xxxx terbaik” untuk konten Anda seperti contohnya “5 Software Desain Terbaik untuk Pemula” dan sebagainya. Dan kemudian setidaknya buat 10 board lain untuk konten re-pining atau menaruh pin dari board lain ke dalamnya.

Nah, bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk menjalankan Pinterest marketing bagi bisnis Anda? Jika ya, simak baik-baik tips di atas dan praktekkan mulai dari sekarang ya! Semoga berhasil!