Reading

5 Tips Meningkatkan Engagement Instagram Bisnis

05.05.2022 3 minutes to read

Demo

Instagram merupakan salah satu platform digital terbaik untuk memasarkan brand Anda secara online. Instagram memberikan peluang memasarkan produk secara visual, menarik banyak pengikut loyal, dan membangun komunitas yang dapat mendukung bisnis Anda. Penasaran dengan cara meningkatkan engagement di Instagram di tahun 2022? Yuk, kita bahas satu per satu langkah-langkah strategis untuk membantu meningkatkan engagement dari Instagram bisnis Anda!

1. Jadwalkan Postingan Instagram Secara Konsisten

Ingin selalu eksis di Instagram? Buat postingan secara konsisten ya. Konsistensi sangat penting untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda. Ini kuncinya. Strategi ini menjadi fondasi paling penting dan berefek jangka panjang untuk meningkatkan eksistensi brand Anda. Tetapi, tidak semua strategi campaign bisa berhasil pada semua brand. Jumlah postingan yang ideal per hari harus melalui proses testing dan adaptasi. Hal ini bergantung pada jenis bisnis Anda, karakteristik pengikut Anda, dan jenis konten yang ditampilkan seperti apa. Dengan melalukan trial post, Anda akan mengetahui waktu-waktu yang memiliki jumlah viewer yang paling banyak. Agar campaign yang direncanakan bisa berjalan konsisten, buatlah jadwal konten pada kalender Anda dengan rentang waktu 2-4 minggu.

2. Manfaatkan Instagram Carousels

Jika masih bingung meningkatkan engagement di IG, cobalah carousels untuk menceritakan brand Anda. Jenis post carousels ini merupakan cara paling baik untuk menceritakan sesuatu. Kini, orang semakin selektif dengan brand atau akun yang ingin dia ikuti serta mereka bukan lagi menjadi konsumen pasif terhadap iklan-iklan yang muncul di platform sosial medianya. Viewer menginginkan hubungan emosional dengan brand sehingga kita perlu merubah strategi pemasaran yang semula berorientasi pada produk menjadi terfokus pada konsumen. Orang-orang menyukai carousels yang menceritakan nilai-nilai yang dimiliki brand yang mana berkaitan dengan komunitas.

3. Manfaatkan Hashtags Instagram yang Relevan

Belum lengkap jika tidak memasukkan hashtags ke dalam postingan Instagram Anda. Alasannya untuk meningkatkan jangkauan Instagram Anda. Makin banyak jangkauannya, maka akan semakin besar engagement-nya. Apabila Anda ingin tahu hashtags apa saja yang cocok untuk target market Anda, lakukan testing pada hashtag spesifik yang memiliki efek pada target market Anda. Sesekali lakukan riset pada akun kompetitor untuk memastikan hashtags apa aja yang berhasil menarik viewer. Amati berapa jumlah hashtags yang dipakai, apa saja, dan diletakkan di caption atau di kolom komentar. Selain itu, ide bagus jika Anda mencoba membuat branded hashtags sendiri. Buatlah branded hashtags yang pendek, catchy, dan mudah diingat.

4. Tambahkan Tautan pada Instagram Story

Saat ini, siapa pun bisa menambahkan tautan website di Instagram story meskipun pengikut Anda kurang dari 10 ribu. Penambahan tautan di Instagram story dapat meningkatkan trafik pada website dan meningkatkan engagement Instagram bisnis Anda. Selain tautan, Anda juga bisa mencoba berbagai fitur menarik lainnya di Instagram story seperti kuis, polling, pertanyaan yang mana akan membantu meningkatkan engagement. Sebuah studi oleh social insider menyebutkan bahwa makin banyak jumlah pengikut maka akan semakin banyak jumlah story yang dibuat. Studi tersebut menunjukkan akun yang memiliki basis fan lebih dari 100 ribu, mereka telah membuat lebih dari 50 stories dalam sebulan. Ini membuktikan bahwa konsistensi juga sama pentingnya dengan Instagram post.

5. Instagram Live dan Instagram Reels

Konten video makin banyak peminatnya, tidak hanya di Instagram tetapi di semua jaringan sosial media. Anda wajib mencoba memposting konten video di Instagram bisnis Anda. Konten video lebih disukai karena metode ini lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi atau pesan. Sejak pandemi Covid-19, Instagram Live makin banyak diminati. Tidak ada salahnya untuk melakukan Instagram Live secara teratur. Jika Anda membuat postingan jenis carousels atau Instagram live, coba pakai caption yang singkat. Studi menunjukkan caption dengan 10 kata memiliki engagement yang lebih tinggi pada postingan jenis carousel dan Instagram Live. Selain livestream, coba buat Instagram Reels yang terasa seperti konten video TikTok yang juga banyak digemari viewer. Fitur ini sangat menarik karena content creator bebas melakukan kreativitasnya. Instagram Reels berisi video teaser singkat dan video Anda bisa masuk featured pada halaman pencarian yang mana ini dapat menguntungkan brand Anda. Konten Reels Anda juga berkesempatan menjadi viral jika dapat menarik perhatian viewer dengan kualitas konten yang menarik.

Beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan engagement Instagram seperti melakukan posting di waktu-waktu tertentu dengan viewer terbanyak, konten menarik, kuis berhadiah, caption yang menarik, dan konsisten melakukan trial. Selamat mencoba!