Reading

3 Tips Sederhana Tingkatkan Branding E-Commerce Anda

04.01.2022 3 minutes to read

Demo

Pada tahun 2040, diprediksi sebanyak 95% kegiatan belanja di seluruh dunia akan difasilitasi oleh e-commerce. Ini berarti kabar baik bagi pemilik e-commerce atau toko online seperti Anda, yang mana bisnis Anda tentu akan sangat diminati dan dicari di masa mendatang. Tapi tunggu dulu! Itu juga bisa menjadi kabar buruk bagi Anda karena itu berarti persaingan di dunia e-commerce akan semakin sengit dari sebelumnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan branding e-commerce Anda agar Anda menjadi pemenang pada persaingan ini?

Hal pertama yang harus menjadi tujuan Anda adalah untuk memastikan bahwa e-commerce Anda dalam kondisi prima untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan Anda. Dengan hadirnya ribuan aplikasi dan tips dari para pakar marketing yang ada saat ini, mungkin Anda justru menjadi bingung dan sulit untuk mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak untuk meningkatkan penjualan e-commerce Anda.

Pada dasarnya, dengan strategi pemasaran dan fitur e-commerce yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengembangkan dan melejitkan penjualan Anda. Salah satunya adalah dengan branding yang tepat di semua platform online Anda.

Branding atau pencitraan merek e-commerce Anda memang memengaruhi penjualan di toko Anda. Tampilan dan pesan merek yang konsisten memberikan kredibilitas merek Anda dan menyajikannya sebagai merek atau toko yang dapat dipercaya.

Dan sebaliknya, mengabaikan branding dapat membuat pelanggan baru malah menjauh dari toko Anda. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki branding yang tepat di semua platform online Anda seperti media social dan juga toko Anda. Pelanggan dapat menemukan e-commerce Anda dengan cara apa pun, jadi buat kesan pertama yang positif di mana pun.

Berikut adalah 3 tips sederhana untuk meningkatkan branding e-commerce yang akan membantu mengarahkan branding Anda ke arah yang benar dan tentu saja, akan meningkatkan penjualan Anda:

1. Tunjukkan Value Proposition Anda

Value proposition alias proposisi nilai adalah janji Anda kepada konsumen bahwa Anda akan memberikan sesuatu yang mereka inginkan. Anda harus menggunakan ini untuk menampilkan merek Anda dalam semua copywriting Anda, mulai dari tagline, slogan, Call to Action, teks iklan, dan segala sesuatu yang Anda gunakan untuk mewakili nilai itu serta identitas merek Anda.

2. Gunakan Warna dan Font untuk Membuat Merek Anda Dapat Diidentifikasi dengan Mudah

Gunakan warna dan font yang solid untuk merek Anda sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengidentifikasi Anda di antara pesaing Anda. Buat papan mood merek untuk membantu memandu Anda saat membuat konten, grafik, atau menggunakan skema warna tertentu pada desain e-commerce Anda.

3. Buat Tampilan Toko yang Menarik

Bagaimana penampilan toko Anda akan berdampak jika pelanggan akan membeli dari Anda. Design Resource menemukan bahwa sekitar 94% dari semua kesan pertama atau first impression di sebuah website terkait dengan desain. Visualisasi desain sebuah toko online memiliki peran penting dalam keputusan pelanggan untuk membeli. Kenapa demikian? Karena desain toko Anda akan mempengaruhi branding e-commerce Anda. Semakin estetik dan menarik toko Anda, maka pelanggan akan lebih senang untuk berlama-lama menelusuri toko Anda sampai mereka menemukan apa yang mereka cari dan kemudian sampai pada tahap membuat keputusan untuk membeli.

Di era bisnis digital seperti sekarang ini, sangat penting untuk membangun sebuah branding yang baik dan positif untuk bisnis Anda. Ini pun penting untuk e-commerce atau toko online Anda. Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia e-commerce, maka Anda pun wajib untuk terus menerus meningkatkan branding e-commerce Anda. Jadi, selamat mempraktekkan tips di atas ya! Semoga berhasil!