Reading

Ultra Minimalist Navigation: Buat Pengguna Lebih Mudah Menjelajahi Website Anda

07.05.2021 2 minutes to read

Demo

Saat pertama kali mengunjungi sebuah website, kesan pengunjung terhadap website tersebut menurut berbagai survei paling banyak ditentukan oleh desain. Itulah sebabnya, memiliki sebuah website dengan desain yang tidak hanya bagus namun juga relevan dengan tren saat ini adalah sebuah keharusan. Dan salah satu tren dalam desain website yang layak untuk diperhitungkan adalah ultra minimalist navigation.

Dengan munculnya berbagai perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar atau smart watch, maka web designer mulai berpikir lebih “kecil”. Itulah yang mendorong terciptanya desain minimalis yang mengakomodasi segala sesuatu dalam desain yang lebih kecil, termasuk dalam hal navigasi.

Sebenarnya, motif di balik desain ultra minimalist navigation maupun desain web yang minimalis secara keseluruhan adalah untuk memfasilitasi layar yang lebih kecil. Menggunakan tren ini akan memberi Anda tata letak web minimalis yang rapi di mana pengguna tidak perlu berpikir terlalu banyak saat menjelajahinya.

Banyak mobile apps yang didesain ulang menjadi semakin minimalis dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya visual renderingnya, tetapi juga cara kerjanya telah disederhanakan. Dan, “sederhana” telah menjadi cara berpikir untuk pendekatan apa pun, termasuk dalam mendesain sebuah navigasi.

Secara konkret, 4 (empat) aplikasi besar telah membantu menyebarkan tren ultra minimalist ini, yaitu Instagram, Apple Music, Airbnb, dan Medium. Saat membuka antarmuka atau interface dari keempat aplikasi ini, Anda akan sangat mudah untuk melihat beberapa poin umum, mulai dari menu tab system (yang diwakili oleh ikon-ikon di bagian bawah halaman dengan fungsi paling penting), ikon sederhana, penggunaan warna terbatas, dan kesederhanaan tipografi, yang memperkuat keterbacaan dari teks-teks yang esensial.

Jadi, alih-alih menggunakan navigasi yang kompleks dan membingungkan pengguna, Anda bisa menggunakan ultra minimalist navigation. Ini akan membantu pengguna lebih mudah menjelajahi website Anda. Selain itu, ultra minimalist navigation juga akan membuat konten Anda lebih menonjol sehingga pesan utama dan tujuan dari website Anda juga bisa tersampaikan dengan lebih maksimal.

Nah di bawah ini ada beberapa tips untuk membuat navigasi yang minimalis:

Susun hierarki menu yang tepat

Anda bisa menentukan menu utama yang akan ditampilkan agar tidak perlu menampilkan semua menu sekaligus di website Anda.

Pilih nama yang singkat dan jelas

Anda sebaiknya menggunakan nama umum yang sudah dipahami, familiar, dan tidak membingungkan pengguna pada menu navigasi website Anda, seperti Beranda, Kontak Kami, Karir, dan sejenisnya.

Gunakan ikon

Anda bisa membuat website Anda lebih mudah dipahami pengguna dengan menggunakan ikon, sehingga Anda tak perlu membuat penjelasan panjang pada tiap menu. Namun sekali lagi, seperti pada poin sebelumnya, gunakan ikon yang familiar agar pengguna mudah memahaminya.

Pada dasarnya, tujuan kita membuat website adalah untuk digunakan oleh pengguna. Jadi, utamakan kepentingan pengguna dalam menjelajahi website Anda. Salah satunya dengan membuat navigasi yang jelas. Jadi, Anda siap mencoba menggunakan ultra minimalist navigation pada website Anda?