Reading

Tren Digital Marketing Ini Diprediksi Tetap Bertahan Pasca Pandemi Covid-19

27.08.2020 2 minutes to read

Demo

Dilansir dari TheJakartaPost, sebuah survei mengungkapkan bahwa banyak bisnis di Indonesia kini telah beralih ke digital advertising karena pandemi Covid-19 meningkatkan penggunaan internet di kalangan konsumen mereka.

Survei yang dilakukan oleh Mobile Marketing Association (MMA) dan SurveySensum pada April lalu ini menunjukkan bahwa 79 persen bisnis lokal fokus pada media digital sebagai sarana untuk menjangkau konsumennya di saat krisis seperti sekarang ini.

Berdasarkan survei tersebut, para pelaku bisnis di Indonesia meyakini bahwa digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness, khususnya bagi bisnis yang bergerak di bidang fast moving consumer goods (FMCG) dan retail. Para pelaku jasa keuangan juga menyatakan bahwa digital marketing membantu mereka membangun kepercayaan konsumen brand mereka.

Nah, di tengah euforia go digital di berbagai sektor ini, ada salah satu tren digital marketing yang menurut berbagai pakar dan pengamat internet marketing akan tetap bertahan dan menjadi salah satu strategi yang wajib diterapkan oleh pelaku bisnis digital.

Transaksi Melalui Aplikasi

Saat ini kita hidup di dunia digital, namun lebih tepatnya dunia mobile. Apapun kini bisa dilakukan melalui smartphone yang selalu berada bersama kita sepanjang hari. Perubahan perilaku ini mengakibatkan orang-orang melakukan lebih banyak transaksi sehari-hari di aplikasi atau browser di smartphone mereka dibandingkan dengan desktop.

Transaksi tersebut dapat berupa pengelolaan keuangan, langganan layanan, komunikasi sosial, dan masih banyak lagi. Bahkan aplikasi perbankan dan e-commerce kini seakan hampir menggantikan proses transaksi tradisional seperti datang langsung ke bank atau mengunjungi toko fisik untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Melihat fenomena ini, ada pertanyaan yang harus Anda tanyakan sebagai pelaku bisnis digital, di antaranya:

  • Jenis transaksi apa yang bisa dilakukan di aplikasi saya?
  • Apakah pengguna saya tahu cara melakukan transaksi ini?
  • Apakah pengguna saya membutuhkan fitur transaksi lainnya?
  • Apakah saya bisa memasarkan kemampuan transaksi di aplikasi saya?

Aplikasi e-commerce seperti Amazon telah memecahkan berbagai masalah dan kendala yang menghambat pengguna untuk melakukan transaksi, sehingga membuat pengguna cenderung lebih banyak melakukan transaksi karena mereka menikmati kemudahan, kenyamanan, dan kepraktisannya.

Nah, apakah aplikasi Anda sudah mampu memfasilitasi pengguna untuk melakukan transaksi dengan mudah, cepat, dan nyaman? Saatnya Anda pertimbangkan tren ini dan menerapkannya di aplikasi Anda! Semoga bermanfaat!