Reading

Tiga Faktor Penting yang Menentukan Search Engine Ranking Anda

30.03.2020 3 minutes to read

Demo

Sebagai pelaku bisnis digital, Anda tentu menyadari betapa pentingnya untuk tetap mengikuti strategi dan teknik digital marketing terbaru. Jadi, itulah sebabnya Anda juga perlu memastikan situs Anda dioptimasi dengan baik.

Tujuan dari optimasi mesin pencarian alias SEO (Search Engine Optimization) adalah supaya mesin pencari tidak hanya menemukan situs dan halaman Anda tetapi juga secara spesifik memberi peringkat atas relevansi halaman Anda sehingga dapat muncul di bagian atas dari hasil pencarian. Itu membuat situs Anda mendapatkan traffic lebih banyak dan lebih banyak lagi dari waktu ke waktu, yang artinya semakin banyak pengunjung yang dikonversi menjadi pelanggan alias semakin banyak penjualan.

Berikan User Experience yang Bagus

Anda perlu mematikan untuk merespon pengunjung situs Anda dengan cepat dan memberikan informasi yang benar-benar membantu mereka. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pengunjung Anda merasa senang berada di situs Anda yang mana akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan mereka pada brand Anda. Itulah tujuannya.

Salah satu langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah memberikan pengalaman pengguna atau kita kenal dengan istilah user experience yang hebat dan menyenangkan bagi pelanggan Anda. Jadi, pastikan situs Anda mudah dinavigasi, dengan kecepatan loading yang lebih cepat, dan fungsionalitas lintas platform yang kuat untuk menghasilkan user experience terbaik.

Faktanya, ada 2 faktor penting yang menentikan peringkat situs Anda di mesin pencari, page speed atau kecepatan situs dan responsive design atau desain yang responsif yang kita sebut saja dengan mobile-friendly design mengingat saat ini lebih banyak pengguna mengakses situs Anda dari perangkat seluler mereka. Ini berarti, memastikan bahwa situs Anda dapat dimuat dengan cepat dan responsif adalah kunci keberhasilan bisnis digital Anda.

Page Speed

Faktor yang satu ini sudah dinobatkan sebagai salah satu faktor peringkat utama dalam Search Engine Optimization (SEO) selama bertahun-tahun. Karena Google ingin meningkatkan user experience dari situs yang dikunjungi pengguna, maka situs yang dimuat dengan cepat adalah keharusan. Sejak Juli 2028, Google sudah mengumumkan pembaruan pada algoritma mesin pencari yang berfokus pada kecepatan halaman seluler (mobile page speed) yang akan mulai mempengaruhi situs. Jadi, jika situs Anda gagal dimuat dengan cepat pada perangkat seluler, Anda bisa mendapatkan sanksi dari Google.

Responsive (Mobile Friendly)

Orang-orang saat ini sudah lebih banyak menggunakan perangkat seluler lebih dari komputer desktop untuk mengakses situs web. Ini adalah salah satu alasan mengapa ada perubahan dalam cara Google memberi peringkat pada hasil pencarian. Mobile friendly adalah faktor peringkat SEO utama kedua.

Google secara resmi menyatakan bahwa mulai 1 Juli 2019, pengindeksan seluler pertama diaktifkan secara default untuk semua situs baru. Mobile-first indexing atau pengindeksan seluler pertama berarti Google menggunakan lebih banyak versi mobile dari konten situs Anda untuk pengindeksan dan peringkat, yang berarti Google menarik hasil dari situs yang dioptimalkan untuk perangkat seluler terlebih dahulu, daripada situs yang diarahkan pada komputer desktop. Jika situs web Anda tidak dioptimalkan untuk seluler, Anda berisiko untuk terdepak dari peringkat mesin pencari Google pada akhirnya.

Nah, untuk memastikan situs Anda berkinerja baik untuk pengindeksan dan peringkat Google, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sesuai dengan yang disarankan oleh OptinMonster:

  1. Apakah Anda memiliki situs yang responsif yang secara otomatis mengubah ukuran agar sesuai dengan perangkat
  2. Apakah Anda menggunakan font besar untuk memudahkan dibaca di layar kecil
  3. Aksesibilitas dan kemampuan navigasi, termasuk membuatnya mudah untuk mengetuk menu
  4. Memastikan bahwa konten penting tidak tertutup oleh iklan

Setiap orang tertarik untuk meningkatkan visibilitas mereka di web. Anda juga demikian ‘kan? Salah satu caranya adalah memastikan situs Anda dioptimalkan dengan baik sehingga Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak traffic dan konversi dalam situs Anda. Semoga berhasil!