Reading

Mengapa Anda Harus Mulai Melakukan Transformasi Digital?

16.06.2021 2 minutes to read

Demo

Digital transformation atau transformasi digital sangat penting untuk bertahan dalam ekonomi digital yang terus berkembang dan memenuhi harapan pelanggan yang terus meningkat. Tetapi adanya perubahan yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 membuat transformasi bisnis lebih relevan dari sebelumnya, menyusutkan garis waktu transformasi dari hitungan tahun ke hitungan minggu.

Di era digital seperti sekarang ini, pentingnya digital transformation alias DX atau transformasi digital sudah tidak diragukan lagi. Tetapi cara melakukannya dengan baik seringkali adalah dengan pelanggan sebagai pusat dari proses ini.

Transformasi digital bukan hanya tentang “menghadirkan efisiensi pada operasi bisnis yang ketinggalan zaman” atau “mengurangi biaya operasional”. Transformasi digital yang sukses dimulai dengan memberikan nilai kepada elemen yang paling penting, yakni pelanggan.

Apa Itu Transformasi Digital?

Transformasi digital adalah sebuah perjalanan berkelanjutan dalam menggunakan teknologi dan strategi digital untuk secara fundamental mengubah pengalaman pelanggan, bisnis dan proses operasional, ataupun budaya dalam sebuah organisasi.

Apa Saja Contoh Transformasi Digital?

Transformasi digital, seperti yang tersirat dalam istilahnya, bergantung pada penggunaan teknologi baru untuk memodifikasi proses bisnis utama dan bahkan layanan yang sudah ada. Ada berbagai teknologi yang saat ini digunakan perusahaan untuk menghasilkan strategi digital. Nah, apa saja sih contoh hal yang termasuk dalam transformasi digital itu? Ini dia:

  • Modernisasi IT, seperti cloud computing
  • Penerapan digital tool seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan
  • Penggunaan big data
  • Penerapan pengerjaan secara remote
  • Reskilling karyawan
  • Proses pembenahan sistem untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan

Menerapkan digital tool seperti kecerdasan buatan atau AI dalam proses transformasi digital ini bertujuan untuk membebaskan karyawan agar fokus pada tugas yang membutuhkan kreativitas, pemecahan masalah, dan lebih banyak keterampilan manusia lainnya.

Perjalanan transformasi digital akan mengarahkan organisasi untuk menjadi berbasis analitik, dan penerapan teknologi AI yang tertanam akan menjadi kebiasaan.

Apa Bedanya Transformasi Digital dan Digitalisasi?

Banyak perusahaan saat ini menyatakan bahwa mereka telah melakukan transformasi digital, tetapi yang biasanya mereka maksud adalah digitalisasi. Lalu, apa bedanya?

Inisiatif transformasi digital melibatkan perubahan di tingkat organisasi, perubahan yang menghasilkan nilai terobosan. Sedangkan digitalisasi mengacu pada inisiatif yang lebih sederhana, seperti menempatkan layanan secara online atau memasukkan teknologi baru ke dalam model bisnis lama.

Mengapa Transformasi Digital Penting?

Transformasi digital penting karena memungkinkan organisasi untuk tumbuh dengan cara baru dan inovatif, bereaksi terhadap kondisi pasar yang berubah, dan menangani gangguan di masa depan. Transformasi digital adalah perjalanan yang menantang namun perlu dilakukan untuk perkembangan bisnis Anda. Hal ini karena setiap organisasi, termasuk perusahaan Anda, akan semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Apa Saja Pilar dari Transformasi Digital?

Tiga komponen inti membentuk dasar transformasi digital yang perlu Anda ingat adalah:

  • Orang-orang
  • Proses
  • Teknologi

Dan yang perlu Anda ingat juga adalah bahwa dalam perjalanan transformasi digital, Anda perlu menempatkan pelanggan di pusat strategi transformasi digital Anda. Pola pikir berorientasi pelanggan inilah yang membawa perjalanan transformasi digital Anda menuju kesuksesan. Are you ready?