Reading

Meminimalisir HTTP Request untuk Optimalkan Performa Website Anda

06.05.2020 3 minutes to read

Demo

Saat ini, orang cenderung membutuhkan segala sesuatu yang serba cepat. Termasuk saat mereka berhadapan dengan website. Para pengguna saat ini lebih memilih untuk meninggalkan website yang loading speed atau kecepatannya lambat saat dibuka serta website yang performanya tidak memadai. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Akamai, sekitar setengah dari pengguna mengharapkan website termuat dalam 2 detik atau kurang. Jika tidak dimuat dalam 3 detik, pengguna cenderung meninggalkan website tersebut.

Data statistik yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa 64% pembeli yang tidak puas dengan pengalaman mereka di sebuah toko online dan waktu loading website tersebut akan membuat para pembeli memilih toko lainnya. Ini berarti Anda tidak hanya kehilangan pengunjung Anda saat ini namun juga menurunkan tingkat konversi atau penjualan Anda.

Nah, salah satu cara untuk mengoptimalkan website Anda agar menampilkan performa terbaik adalah dengan meminimalisir HTTP Request.

Apa Itu HTTP Request?

HTTP Request adalah istilah di mana browser meminta web hosting atau server untuk mengirimkan konten suatu website. HTTP sendiri merupakan sebuah protokol atau jalur yang digunakan browser untuk berkomunikasi dengan web server.

Optimasi HTTP Request untuk Mempercepat Akses Website

Untuk membuka sebuah website, terjadi banyak HTTP request, bahkan hingga mencapai ratusan request untuk membuka halaman depan sebuah website saja lho. Namun, ini adalah hal yang umum terjadi karena pada website-website sekarang ini memiliki begitu banyak aset (misalnya file gambar, CSS, JavaScript, font, dan sebagainya) yang dibutuhkan untuk mendukung fungsionalitas website tersebut. Jadi, dengan memangkas request, maka secara otomatis akan mempercepat loading website Anda.

Berikut ini ada beberapa optimasi HTTP request yang terkait jumlah request:

1. Resolve DNS

Ini merupakan proses untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP, di mana semakin sedikit jumlah Resolve DNS, maka semakin cepat waktu request. Terkait optimasi HTTP request, proses resolve DNS ini hanya dapat dikurangi jumlahnya namun kita tidak dapat mempercepatnya, karena hal tersebut di luar kontrol kita. Untuk menguranginya, salah satu caranya adalah dengan memindahkan resource dari satu server ke server lain sehingga jumlahnya menjadi lebih kecil, misalnya dengan memindahkan file JavaScript, CSS, dan GoogleFont ke server Anda.

2. Menggabungkan File JavaScript dan CSS

Jika Anda memiliki banyak file CSS dan Javascript, maka Anda bisa menggabungkannya menjadi satu, baik secara manual maupun dengan membuat script sendiri untuk membuat proses penggabungan otomatis. Nah, jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda bisa menggunakan berbagai plugin yang tersedia untuk melakukan proses ini, misalnya plugin MinQueue.

3. Gunakan Queri untuk Memuat Hanya yang Dibutuhkan Saja

Jika Anda hanya perlu memuat gambar tertentu di versi desktop atau perlu menjalankan script khusus di versi mobile saja, maka menggunakan conditional statement untuk memuatnya bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda. Dengan cara ini, Anda tidak memaksa browser memuat berbagai script atau gambar yang tidak akan digunakan untuk perangkat atau tampilan tertentu.

4. Kurangi Jumlah Gambar yang Digunakan

Jika Anda menemukan beberapa halaman Anda cukup berat saat memuat gambar, coba hapus beberapa gambar tersebut terutama jika ukuran file-nya besar. Ini tidak hanya membantu mengurangi HTTP request untuk gambar tetapi dapat meningkatkan user experience pengguna Anda dengan menghapus gambar yang mengganggu yang tidak sesuai dengan konten teks di halaman Anda.

5. Gunakan CSS Sprite

Di sini Anda bisa menggabungkan beberapa gambar untuk digunakan di berbagai background, seperti misalnya background untuk tombol pada kondisi biasa, hover, dan disable, sehingga request yang terjadi hanya satu kali karena ini mencegah browser untuk terus-menerus mencoba mengambil beberapa gambar setiap kali halaman-halaman tertentu dimuat di website Anda.

Dengan melakukan sedikit optimasi pada HTTP request seperti yang telah disebutkan di atas, maka performa website Anda akan mengalami peningkatan sehingga user experience dari pengunjung website Anda pun harapannya akan ikut mengalami peningkatan. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil!