Reading

Manfaat Web Apps Dalam Strategi Marketing

03.04.2020 2 minutes to read

Demo

Manfaat Web Apps Dalam Strategi Marketing

Dengan kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir, web apps (web applications) atau aplikasi web sekarang ini mampu memberikan suasana interaktif yang dapat digunakan pada smartphone modern apa pun. Tidak hanya dapat digunakan secara efektif untuk peningkatan produktivitas, web apps juga merupakan senjata marketing yang kuat, yang bahkan bisa memberikan peluang bisnis yang tidak bisa Anda dapatkan sebelumnya.

Salah satu kelemahan dari aplikasi native dari segi marketing adalah aplikasi jenis ini membutuhkan calon pelanggan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone mereka terlebih dahulu. Seringkali ini menjadi salah satu barrier karena Anda mesti meminta komitmen dari calon pelanggan Anda bahkan sebelum mereka melakukan pembelian apa pun. Sedangkan aplikasi web, sebagai perbandingan, dapat diakses oleh smartphone mana pun melalui browser yang terinstal di smartphone tersebut. Ini memungkinkan pelanggan untuk membuka aplikasi Anda tanpa membuat komitmen terlebih dahulu, sehingga dari segi marketing ini akan memudahkan distribusi dan tidak memiliki masalah kompatibilitas untuk platform yang berbeda.

Aplikasi web dengan fokus pada marketing atau dengan kata lain aplikasi web yang dimaksudkan untuk membuat penjualan mungkin hanya perlu menyediakan beberapa fitur atau fungsi tertentu saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Kerja dan Manfaat Aplikasi Web untuk Marketing

Aplikasi web tidak perlu diunduh karena diakses melalui jaringan. Pengguna dapat mengakses aplikasi web ini melalui browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari. Nah, agar aplikasi web dapat beroperasi, diperlukan server web, server aplikasi, dan database. Server web mengelola permintaan yang datang dari klien, sementara server aplikasi menyelesaikan tugas yang diminta. Database dapat digunakan untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan. Dan sebagian besar aplikasi web ditulis dalam JavaScript, HTML5, atau Cascading Style Sheets (CSS).

Dengan cara kerja seperti ini, tentu saja aplikasi web memiliki banyak manfaat untuk strategi marketing bisnis Anda, antara lain:

  • Hemat biaya. Aplikasi web dapat berfungsi di semua platform, jadi Anda tidak memerlukan aplikasi terpisah untuk Apple, Android, dan lainnya.
  • Kecepatan. Aplikasi web tersedia secara instan, tidak perlu mengunduh dan menginstal, sehingga lebih cepat diakses oleh pengguna aplikasi Anda.
  • Kustomisasi konten yang mudah. Karena konten disajikan dari server pusat, maka Anda hanya membutuhkan tool sederhana untuk mengedit konten aplikasi web Anda, yang artinya Anda bisa mengupdate konten Anda dengan cepat dan mudah.
  • Kompatibilitas. Aplikasi web menggunakan browser yang terinstal pada smartphone dan kompatibel di semua perangkat.
  • Biaya pengembangan dan pemeliharaan yang lebih rendah. Pengembangan aplikasi web biasanya lebih cepat daripada aplikasi native, dan pembaruan dapat diproses tanpa mengunduh apa pun yang diperlukan oleh pengguna.

Aplikasi web dapat didesain untuk beragam kebutuhan mulai dari institusi, perusahaan, bahkan perorangan. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mengembangkan aplikasi web untuk menunjang strategi marketing dari bisnis Anda saat ini?