Reading

Kenapa Anda Perlu Menerapakan Social Media Marketing di Bisnis Anda?

31.08.2021 3 minutes to read

Demo

Sejak tahun 2004, media sosial atau social media telah tumbuh secara eksponensial dan terus mendulang popularitas. Tidak dapat disangkal bahwa platform media sosial sekarang menjadi sumber utama berita dan informasi. Lalu, bagaimana dengan perannya bagi bisnis Anda? Apakah ini saatnya Anda mendalami strategi social media marketing atau pemasaran media sosial?

Media sosial telah mengubah cara kita menjalani hidup kita. Dari cara kita mendapatkan berita hingga cara kita berinteraksi dengan orang lain. Media sosial ada dimana-mana. Platform media sosial unik dalam cara mereka berinteraksi dengan pelanggan. Mereka tidak hanya menyediakan platform bagi pengguna untuk berkomunikasi di luar batas lokal dan sosial, tetapi mereka juga menawarkan banyak kemungkinan untuk berbagi konten buatan pengguna, seperti foto dan video.

Namun pertanyaannya, apakah layak berinvestasi di media sosial saat memulai bisnis Anda? Haruskah pemasaran media sosial menjadi area fokus untuk strategi pemasaran Anda? Jawabannya adalah, tergantung pada pelanggan Anda, tetapi social media marketing tidak boleh diabaikan. Namun ingat bahwa setiap platform media sosial memiliki audiens yang unik. Jika Anda memberikan konten yang tepat untuk audiens platform media sosial, Anda akan berhasil.

Pentingnya Memiliki Online Presence di Media Sosial

Menurut Buffer, 2019, 73% digital marketer atau pemasar digital percaya bahwa upaya mereka melalui social media marketing telah meningkatkan efektivitas untuk bisnis mereka. Media sosial memungkinkan merek untuk mengakses pemasaran yang hemat biaya, berinteraksi dengan audiens mereka, dan membangun loyalitas terhadap merek.

Media sosial berkembang dalam hal jangkauan dan dampaknya. 54% browser sosial menggunakan media sosial untuk meneliti produk. Lebih banyak pembeli bergabung dalam jaringan media sosial dan mencari ulasan dan rekomendasi. Itulah mengapa penting bagi bisnis Anda untuk memiliki online presence atau kehadiran online yang menonjol di berbagai platform media sosial. Kuncinya adalah untuk mengetahui platform media sosial mana yang paling sering digunakan oleh target pasar Anda dan bagaimana memanfaatkannya secara maksimal.

Dampak Pengalaman Pelanggan yang Positif

Pada titik ini, tidak mengherankan bahwa social media marketing sangat penting untuk bisnis Anda. Salah satu cara agar bisnis Anda dapat memperoleh manfaat dari social media marketing adalah dengan memberikan layanan pelanggan terbaik. Idenya di sini adalah untuk mengelola kehadiran online Anda dan memastikan bahwa Anda tetap berhubungan dengan audiens Anda melalui platform media sosial. Ini termasuk menanggapi komentar dan pesan.

Survei menemukan bahwa 71% konsumen yang memiliki pengalaman positif dengan suatu merek di media sosial cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada teman dan keluarga mereka. Dengan berinteraksi dengan pelanggan melalui platform media sosial, Anda menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli. Langkah ini bisa sangat membantu dalam membangun hubungan positif dengan pelanggan.

Peran Influencer Bagi Merek Anda

Pemasaran influencer sedang mengalami momen besar sekarang. Merek semakin beralih ke platform media sosial untuk pemasaran mereka, dan ada alasan bagus mengapa. 49% konsumen mengklaim bahwa mereka bergantung pada rekomendasi influencer di media sosial untuk menginformasikan keputusan pembelian mereka. Artinya jika konsumen merasa percaya pada rekomendasi dari influencer, mereka akan lebih cenderung membeli produk. Fakta ini membuktikan bagaimana merek dapat mendukung kekuatan influencer untuk menjangkau pelanggan mereka. Baca pula tren digital marketing berikut.

Jadi, bagaimana kehadiran media sosial merek Anda dapat menginspirasi dan melibatkan audiens Anda, hal itu yang perlu menjadi fokus strategi social media marketing Anda saat ini. Semoga berhasil!