Reading

Buat Bisnis Anda Melejit dengan Manfaatkan Pencarian Dekat Saya

12.02.2021 3 minutes to read

Demo

Saat ini, penelusuran melalui perangkat seluler atau mobile search seperti melalui smartphone untuk menemukan layanan dan bisnis lokal terus meningkat. Bahkan, di tahun 2021 ini diperkirakan bahwa perangkat mobile akan mempengaruhi penjualan lokal hingga sebesar 1,4 triliun dolar. Dan ini salah satunya didukung oleh pencarian “dekat saya” atau “near me”.

Secara singkat, kita bisa mengatakan bahwa orang-orang saat ini lebih banyak mencari layanan atau bisnis lokal di sekitar mereka secara online. Sejak tahun 2013 hingga 2017, tercatat ada peningkatan hingga sebesar 900% pada penelusuran “di dekat saya”. Dan dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan yang sangat signifikan dalam penelusuran lokal dengan menggunakan istilah “near me” atau “dekat saya” atau “terdekat”, seperti pada data statistik berikut ini:

  • Terjadi peningkatan sebesar 150% untuk frasa pencarian “di dekat saya sekarang”, misalnya “rumah sakit di dekat saya sekarang”
  • Terjadi peningkatan sebesar 900% untuk frasa pencarian “di dekat saya malam ini atau hari ini”, misalnya “café di dekat saya malam ini”
  • Terjadi peningkatan sebesar 200% untuk frasa pencarian “sekarang” + “di dekat saya”, misalnya “restoran buka di dekat saya sekarang”

Mengapa Pencarian “Dekat Saya” Tumbuh Pesat?

Sebagian besar pengguna sekarang mengaktifkan lokasi atau GPS di perangkat seluler mereka. Ini karena sebagian besar aplikasi mengharuskan fitur ini untuk diaktifkan. Bahkan pengguna yang sebelumnya menonaktifkan ini karena alasan privasi sekarang membiarkannya. Nah, hal ini memungkinkan Google untuk secara otomatis mendeteksi lokasi mereka saat ini dan menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan dilokalkan kepada pengguna.

Diungkapkan oleh Lisa Gevelber, Wakil Presiden Pemasaran Global, Google, bahwa pencarian “dekat saya” digunakan oleh pengguna untuk menemukan hal tertentu, di area tertentu, dan dalam periode waktu tertentu.

Menambahkan frasa “dekat saya” di akhir kueri penelusuran menunjukkan keinginan pengguna untuk segera mengambil tindakan pada hasil penelusuran. Kemungkinan besar, pengguna bermaksud mengunjungi suatu tempat untuk membeli produk dengan segera atau dalam waktu tertentu yang mereka rencanakan.

Pencarian “dekat saya” ini pun menjadi sangat penting bagi bisnis Anda, karena ini memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar atau pelanggan yang Anda tuju selama momen mikro ketika mereka paling menginginkan layanan atau produk Anda.

Bagaimana Mengoptimalkan Hasil Pencarian “Dekat Saya” untuk Bisnis Anda?

Mengoptimalkan bisnis Anda untuk pencarian “dekat saya” sangat penting untuk meningkatkan keberadaan bisnis Anda di pencarian lokal. Untuk itu, satu hal yang paling dasar dan wajib Anda lakukan adalah memastikan bisnis Anda terdaftar di Google My Business.

Setup Google Maps untuk bisnis Anda di Google My Business karena ini adalah aspek terpenting dari campaign untuk setiap bisnis lokal, yang mana ini diperlukan untuk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian lokal.

Setelah itu, pastikan Anda untuk mengoptimasi Google My Business Anda, di mana Anda perlu memastikan beberapa hal berikut ini untuk membuat bisnis Anda muncul di pencarian lokal Google, di antaranya:

  • Masukkan nama lengkap bisnis dan alamat bisnis Anda
  • Tambahkan petunjuk lengkap untuk mencapai alamat bisnis Anda menggunakan Google Maps. Ikuti panduan ini untuk mengedit detail bisnis Anda di Google.
  • Tambahkan jam kerja dan detail kontak Anda seperti nomor telepon dan alamat website
  • Sertakan bisnis Anda dalam kategori yang benar dan sespesifik mungkin
  • Tambahkan foto layanan favorit Anda
  • Minta orang untuk memberikan ulasan di halaman bisnis Anda. Jika Anda ingin memasukkan bisnis Anda ke posisi teratas hasil pencarian lokal, maka Anda perlu mendapatkan banyak ulasan positif untuk bisnis Anda
  • Pastikan nama, alamat dan nomor telepon tetap konsisten di setiap profil bisnis Anda, termasuk di media sosial
  • Pastikan informasi bisnis Anda tetap akurat, komprehensif, dan update
  • Anda juga bisa menambahkan atribut seperti fasilitas yang ditawarkan bisnis Anda, misalnya WiFi, dan sebagainya

Jika Anda belum mulai mengoptimalkan bisnis Anda untuk pencarian “dekat saya”, maka ini waktu yang tepat untuk mulai melakukannya. Manfaatkan strategi pencarian “dekat saya” untuk menjangkau target pasar potensial Anda dan tentu saja untuk membuat bisnis Anda makin berkembang dan mendapatkan penjualan yang maksimal.