Reading

Bisnis Saya Sudah Berjalan, Apakah Masih Butuh Website untuk Bisnis Saya?

10.08.2021 3 minutes to read

Demo

Jika bisnis Anda sejauh ini sudah berjalan dengan lancar tanpa Anda memiliki sebuah website, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saya memerlukan website untuk bisnis saya? Apa gunanya jika bisnis saya sudah sukses tanpanya?

Jawaban singkatnya adalah bahwa tidak pernah ada waktu yang lebih baik atau lebih penting untuk berinvestasi pada website untuk bisnis Anda. Sebuah website menawarkan berbagai macam manfaat untuk usaha kecil maupun besar sekalipun, dan sebagian besar manfaat ini meningkat nilainya secara eksponensial dari tahun ke tahun.

Masih belum yakin? Simak dulu 10 manfaat besar website untuk bisnis Anda, bahkan untuk bisnis berskala kecil sekalipun berikut ini!

1. Membuat Anda Terlihat Profesional

84% konsumen saat ini menganggap bahwa website membuat bisnis Anda lebih kredibel daripada mereka yang hanya memiliki media sosial saja. Website untuk bisnis Anda juga merupakan tempat yang tepat untuk memamerkan sertifikasi atau penghargaan profesional yang Anda miliki.

2. Menarik Pelanggan Baru Melalui Google

Anda mungkin sudah cukup puas dengan bisnis Anda saat ini, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap bisnis akan mengalami pergantian pelanggan. Untuk mendorong kesuksesan yang berkelanjutan, Anda perlu menarik pelanggan baru, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat bisnis Anda terlihat di Google. Nah, di sinilah website untuk bisnis Anda benar-benar diperlukan! Website yang dioptimasi dengan baik dapat membantu menaikkan peringkat bisnis Anda dalam berbagai pencarian di Google dan akhirnya menarik aliran pelanggan baru yang stabil.

3. Memamerkan Produk Dan Layanan Anda

Anda dapat menunjukkan kepada calon pelanggan apa yang akan mereka dapatkan dari bisnis Anda dengan menampilkan foto-foto berkualitas tinggi di website Anda. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mempublikasikan informasi penting tentang produk dan layanan Anda untuk memastikan Anda menarik pelanggan yang tepat. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran, Anda mungkin ingin menandai item apa pun di menu Anda yang bebas gluten sehingga orang-orang yang sedang berdiet atau menghindari gluten tahu bahwa mereka bisa makan di tempat Anda.

4. Menampilkan Ulasan dan Testimoni Terbaik Anda

Menampilkan review atau ulasan dan/atau testimoni terbaik Anda secara mencolok di website Anda adalah cara yang bagus untuk membangun social proof. Bisa dalam bentuk testimonial pelanggan pribadi, seperti ulasan di berbagai macam forum atau platform lainnya. Jika bisnis Anda telah muncul di artikel dari surat kabar atau blog lokal yang populer, Anda juga dapat menampilkannya.

5. Mendorong Pelanggan untuk Menghubungi Anda

Website adalah tempat yang tepat untuk membuat informasi kontak Anda tersedia dengan mudah bagi calon pelanggan. Anda bahkan dapat mempublikasikan informasi kontak Anda di header atau footer sehingga muncul di setiap halaman.

6. Membuat Calon Pelanggan Menemukan Anda Dengan Lebih Mudah

Website memungkinkan Anda menyematkan peta secara langsung ke konten Anda, misalnya dengan menggunakan Google Maps. Peta yang tersemat di website Anda memudahkan orang yang tidak menghabiskan banyak waktu di area Anda untuk menemukan bisnis Anda. Ini sangat bagus karena dapat menarik calon pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengetahui tempat bisnis Anda berada.

Nah, setelah memahami bagaimana besarnya manfaat website untuk bisnis Anda, maka Anda tidak perlu lagi masih bertanya-tanya “Apakah saya membutuhkan website untuk bisnis saya?” karena sudah jelas jawabannya “Ya!”.

Semoga berhasil!