Reading

Bagaimana Usaha Kecil Ini Dapatkan Omzet Milyaran Rupiah Melalui Online Marketing?

29.09.2021 3 minutes to read

Demo

Tahukah Anda? Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 212,35 juta dengan estimasi total populasi sebanyak 276,3 juta jiwa. Ini artinya, meski skala bisnis Anda saat ini masih relatif kecil, go digital sudah menjadi sebuah keharusan. Lalu bagaimana menggunakan strategi pemasaran online atau online marketing untuk meningkatkan penjualan Anda? Salah satunya adalah dengan memiliki website bagi bisnis Anda.

Transformasi Digital Bagi Usaha Kecil Sudah Dimulai

Bisnis atau usaha kecil tidak akan pernah sama lagi setelah pandemi Covid-19. Namun, dengan mulai meluncurkan took online dan layanan online, beradaptasi dan beralih dari offline marketing menuju online marketing sebanyak mungkin bisa menjadi jalan keluar dari situasi yang cukup sulit bagi banyak usaha kecil di seluruh dunia.

Namun sayangnya, data statistik di tahun 2021 menunjukkan bahwa masih banyak usaha kecil yang belum memiliki kehadiran online atau online presence yang kuat atau strategi pemasaran digital yang mereka butuhkan untuk menarik dan melibatkan audiens online mereka.

Para pemilik usaha kecil ini seringkali berdalih, “Pelanggan saya tidak online” atau “Website tidak penting untuk bisnis saya”, padahal seperti di awal artikel ini, di Indonesia saja pengguna internet sudah menjadi lebih dari 200 juta orang!

Hal ini pun menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah untuk membantu meningkatkan penjualan usaha kecil di Indonesia. Bahkan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa saat ini sudah terjadi pergeseran metode transaksi, dari pasar fisik menjadi pasar virtual dimana transaksi terjadi 24 jam secara nonstop, yang artinya tahapan transformasi digital sudah dimulai. Dengan adanya perubahan mindset itu, pemerintah pun mendorong usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis secara online.

Manfaat Online Presence Bagi Usaha Kecil

Beberapa pemilik usaha kecil telah mengambil langkah-langkah untuk beradaptasi dengan perubahan keadaan akibat pandemi. Banyak dari mereka telah meningkatkan aktivitas online mereka untuk menjangkau basis klien mereka dan menjaga bisnis mereka tetap hidup dengan menjual produk dan layanan mereka secara online. Pada tahun 2020, 51% pemilik usaha kecil menyatakan bahwa mereka meningkatkan interaksi mereka dengan klien melalui internet alias secara online.

Menariknya, sebagian besar pengguna internet akan mencari tahu terlebih dahulu secara online sebelum membuat keputusan pembelian, bahkan jika mereka berencana untuk mengunjungi lokasi toko fisik. Itulah sebabnya, memiliki website untuk usaha kecil Anda sangatlah penting sebagai bagian dari strategi online marketing Anda dan akan memberikan dampak yang besar.

Meskipun demikian, survei menemukan bahwa 36% usaha kecil masih belum memiliki website, dan 35% merasa bahwa skala mereka terlalu kecil untuk memiliki website. Padahal, di Amerika Serikat, di antara usaha kecil yang memiliki website untuk bisnis mereka, 69% di antaranya meraup omzet penjualan sekitar 1 hingga 2 juta dolar Amerika per tahunnya.

Nah, seperti yang Anda lihat, bahkan usaha dengan skala kecil pun dapat memperoleh manfaat dari memiliki kehadiran online atau online presence seperti halnya dengan memiliki website ataupun toko online sendiri, di antaranya:

  • Peluang pemasaran meningkat dari pasar “lokal” menjadi pasar global
  • Konversi penjualan online menghemat waktu dan tenaga
  • Meningkatkan branding dan kredibilitas usaha
  • Memungkinkan untuk melacak pemasaran dan analisis bisnis dengan lebih baik

Tidak memiliki online presence dan website yang efektif dan menarik merupakan hambatan signifikan bagi pertumbuhan dan kesuksesan usaha kecil Anda. Bahkan jika Anda memiliki toko fisik sekali pun, calon konsumen akan mencari Anda secara online terlebih dahulu. Jika mereka tidak menemukan Anda di internet, mereka akan pergi ke salah satu kompetitor Anda. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalankan online marketing dan memiliki kehadiran online bagi usaha kecil sekali pun!