Reading

9 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Gratis

19.11.2020 4 minutes to read

Demo

Anda sudah memiliki website yang bagus dan menarik. Namun itu saja tidak cukup. Kini Anda perlu memilikirkan strategi untuk mendapatkan traffic ke website Anda. Ingat bahwa ada jutaan website yang bersaing untuk mendapatkan traffic dengan Anda, sehingga pastikan Anda membaca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui cara meningkatkan traffic website secara gratis.

Manfaat Meningkatkan Traffic Website Anda

Traffic sebuah website adalah indikator sekaligus kunci penting untuk perkembangan bisnis Anda. Traffic website yang tinggi bisa membantu Anda untuk:

  • Mengetahui apakah strategi marketing Anda berjalan dengan baik
  • Mengumpulkan insight mengenai pengunjung website Anda untuk membuat keputusan pada strategi marketing dan penjualan berikutnya
  • Meningkatkan SEO dan kredibilitas website Anda pada mesin pencarian
  • Menghasilkan lebih banyak lead, meningkatkan konversi, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan

Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Gratis

Sebenarnya ada 2 (dua) jenis cara yang akan dibahas di sini, yaitu dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google dan cara lainnya.

1. Membuat Google My Business Listing

Tahukah Anda bahwa melengkapi listing Google My Business ternyata mampu meningkatkan jumlah kunjungan website sampai 7 kali lipat daripada yang tidak dilengkapi? Jadi, jangan lupa untuk melakukannya ya!

2. On-Page SEO

Ada banyak taktik SEO yang dapat Anda lakukan di setiap halaman website Anda untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak traffic. Ini termasuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang dicari oleh audience Anda, dan menulis meta description yang ringkas untuk halaman Anda. Meta description muncul di bawah URL Anda dalam hasil pencarian. Jadi, dengan mengetahui tentang apa yang ada di halaman itu membuat pengguna lebih cenderung memilih halaman tersebut untuk mereka kunjungi.

3. Daftarkan Website Anda di Direktori Online

Membuat website Anda terdaftar di situs ulasan (review) dan direktori online (online directories) adalah cara untuk meningkatkan traffic ke website Anda yang efektif. Selain di profil akun Anda akan ada link yang diarahkan ke website Anda, review positif juga sangat mempengaruhi untuk menghasilkan lebih banyak traffic. Selain itu, banyak direktori online yang memiliki otoritas domain yang kuat di Google, sehingga memungkinkan website Anda mendapat peringkat tinggi untuk penelusuran yang relevan.

4. Membangun Backlink

Backlink adalah link ke website Anda dari website lain. Google juga mengambil backlink dan akan meningkatkan kepercayaannya pada websote Anda jika melihat sebuah website tepercaya lain mengarah ke website Anda. Lebih banyak kepercayaan dari Google mengarah ke peringkat yang lebih tinggi, yang mengarah ke lebih banyak traffic.

5. Posting ke Media Sosial

Media sosial adalah salah satu alat pemasaran gratis paling populer, dan berperan dalam mengarahkan traffic ke website Anda. Cara ini Anda dapat mengubah audiens media sosial Anda menjadi pengunjung website Anda dan menarik traffic dari jaringan mereka jika Anda memposting konten yang dapat dibagikan.

6. Sertakan Hashtag di Postingan Anda

Dengan menambahkan hashtag ke posting yang mempromosikan website dan postingan blog Anda, maka Anda dapat memperluas jangkauan Anda ke luar dan ditemukan oleh pengguna yang mencari produk dan layanan Anda. Semakin banyak link Anda dilihat dan kemudian diklik, maka makin banyak pula traffic ke website Anda.

7. Gunakan Landing Pages

Landing page adalah sumber traffic gratis lainnya ke website Anda. Ini adalah halaman khusus untuk penawaran produk Anda, seperti untuk menukarkan kode diskon, mendownload panduan gratis, atau memulai uji coba gratis. Halaman ini berisi detail yang dibutuhkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu secara langsung. Karena landing page sangat spesifik, Anda bisa mendapatkan pengunjung yang sangat tertarget dan kemungkinan besar mereka akan datang ke website Anda yang artinya ini akan meningkatkan traffic ke website Anda.

8. Targetkan Long-Tail Keyword

Meskipun kata kunci berekor pendek (short-tail keyword) seringkali lebih banyak dicari, lebih sulit untuk menentukan peringkatnya di mesin pencari. Sebaliknya, menargetkan kata kunci berekor panjang (long-tail keyword) memberi Anda peluang yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kueri yang khusus untuk produk Anda. Peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian artinya akan meningkatkan traffic ke website Anda.

9. Mulailah Email Marketing

Mengirim newsletter secara rutin dan mempromosikan penawaran melalui email adalah cara yang sangat baik untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dan juga dapat membantu mendapatkan traffic ke website Anda. Berikan informasi yang berguna dan link ke halaman wesbite Anda di mana dapat mempelajari lebih lanjut mengenai informasi tersebut. Namun ingat, pastikan bahwa Anda tidak terus membombardir mereka dengan email yang justru bisa membuat mereka terganggu dan bisa bisa berhenti berlangganan newsletter Anda.

Setelah membaca 9 cara meningkatkan traffic website secara gratis di atas, apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk segera menerapkannya sekarang juga? Well, semoga berhasil!