Reading

8 Tips Membuat Konten Website yang Menarik

30.07.2020 3 minutes to read

Demo

Konten website tentunya berbeda dengan konten lainnya. Bahkan, konten website dianggap sebagai sebuah bentuk seni tersendiri karena tidak seperti konten untuk material cetak, pengunjung website cenderung lebih suka untuk membaca sepintas.

Bisa dikatakan bahwa pengguna internet sekarang ini lebih suka melakukan skimming (membaca sepintas) dan scanning (memindai) konten dengan cepat untuk menemukan apa yang mereka cari. Jika mereka tidak menemukan apa yang mereka inginkan, maka dengan cepat pula mereka akan beralih ke website lainnya.

Nielsen Norman Group, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk penelitian pengalaman pengguna atau user experience yang berbasis evidence, menemukan dalam sebuah studi bahwa rata-rata pengunjung hanya akan bertahan sepuluh hingga dua puluh detik sebelum mereka keluar dari sebuah website. Sedangkan studi lain menyebutkan angka lima detik. Namun bagaimanapun juga, intinya adalah, Anda tidak punya banyak waktu untuk menarik perhatian pengunjung website Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat konten website untuk membantu meningkatkan traffic ke website Anda dan agar pengunjung website Anda dapat bertahan di website Anda lebih lama:

1. Buatlah konten yang valuable dan relevan

Ketika pengguna internet mengetikkan sebuah topik ke dalam kotak pencarian di mesin pencari, maka mereka mengharapkan hasil yang memberikan informasi yang relevan dengan pencarian mereka. Jika mereka mengklik sebuah website di hasil pencarian dan menemukan informasi yang tidak relevan atau konten website tersebut tidak diupdate, maka mereka akan keluar dari website tersebut dan mencari hasil lainnya untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

2. Buatlah konten yang ringkas

Anda tidak perlu menyajikan konten yang bertele-tele dalam website Anda. Ingat bahwa pengunjung website Anda adalah skimmer dan lebih suka meninjau informasi dengan cepat. Jadi, pastikan konten website Anda dibuat secara ringkas namun padat informasi.

3. Tetap berada di topik terkait

Pengunjung biasanya mencari sebuah informasi dengan sangat spesifik dan cenderung tidak suka jika harus menyaring banyak informasi untuk menemukan apa yang mereka cari. Jadi, kalau Anda memiliki topik yang sangat luas untuk disajikan dalam website Anda, maka pertimbangkan untuk memecah konten Anda dan memperkenalkan satu topik per paragraf sehingga pembaca Anda dapat menemukan informasi spesifik dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan link atau tautan dalam konten halaman Anda ke topik terkait di halaman lain dari website Anda daripada memaksa untuk memasukkan semua informasi Anda pada satu halaman. Hal ini akan membuat website Anda lebih ramah pengguna.

4. Periksa ulang tata bahasa dan ejaan

Ketika menemukan sebuah website yang di dalamnya kontennya penuh dengan kesalahaan tata bahasa dan ejaan (typo error), apa yang Anda pikirkan? Website seperti ini tentu akan dianggap sebagai website yang tidak profesional. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa ulang dan memeriksa ulang sekali lagi sebelum Anda memasang konten di website Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan trik berikut. Setelah selesai menyusun sebuah konten, tinggalkanlah konten tersebut sejenak dan setelah beberapa saat barulah Anda bisa kembali untuk melakukan pemeriksaan ulang dengan lebih segar sehingga Anda mungkin bisa menemukan kesalahan yang tadinya sempat Anda abaikan.

5. Gunakan metode piramida terbalik

Metode ini banyak digunakan oleh para copywriter profesional dan blogger dalam membuat konten. Seperti apakah metode piramida terbalik ini? Saat menyusun konten, letakkan kesimpulan Anda di awal dan kemudian bekerjalah mundur dari sana. Jadi, Anda akan menempatkan informasi terpenting Anda di depan dan di tengah halaman.

6. Menulislah untuk pembaca Anda

Anda tentu sudah mengetahui bahwa untuk dapat menjadi website yang mudah ditemukan, maka Anda perlu menggunakan kata kunci, link, dan teknik SEO lainnya dalam konten Anda. Ini memang benar-benar penting, namun ingat bahwa Anda tidak hanya membuat konten untuk Google atau mesin pencari lainnya, tapi Anda membuat konten ini untuk dibaca oleh pengunjung website Anda. Jadi, buatlah konten yang menarik dengan bahasa yang ditata dengan baik sehingga mampu dipahami oleh pengunjung dengan baik. (Baca juga: Faktor Penting yang Menentukan Search Engine Ranking Website)

7. Gunakan gambar

Untuk meningkatkan daya tarik visual serta menguatkan penjelasan informasi yang Anda sajikan melalui konten Anda, maka gunakanlah gambar yang relevan.

8. Buatlah format teks yang mudah dibaca sepintas

Agar informasi penting Anda lebih mudah ditemukan oleh para skimmer, maka lakukan beberapa trik berikut:

  • Sajikan konten Anda dalam bentuk daftar
  • Buatlah paragraf yang pendek namun padat
  • Fokuslah pada satu topik per paragraf atau per daftar
  • Sertakan sub judul

Membuat konten website memang boleh dibilang menantang, tetapi dengan mengikuti tips sederhana di atasa, Anda dapat membuat konten yang menarik bagi pembaca Anda. Selamat mencoba!