Reading

8 Cara Membuat Website Lebih Menarik dengan Konten Visual

09.11.2020 3 minutes to read

Demo

Ada pepatah yang berbunyi bahwa sebuah gambar memiliki ribuan arti. Kita cenderung bereaksi terhadap rangsangan visual jauh lebih baik daripada terhadap tulisan maupun lisan. Fakta ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian dan digunakan oleh pakar pemasaran dan periklanan secara ekstensif. Nah, apakah website Anda sudah memiliki konten visual yang bagus? Bagaimana cara membuat website lebih menarik?

Karena sekarang ini kita hidup di dunia digital, maka sudah jelas bahwa sebuah website harus memiliki daya tarik visual yang hebat. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat website lebih menarik? Simak tips berikut ini.

1. Foto

Banyak website yang menggunakan foto-foto yang didapatkan dari situs stok foto dengan konsep foto yang hampir serupa. Anda bahkan mungkin menemukan foto yang sama digunakan di beberapa website yang berbeda. Nah, tips pertama untuk membuat website lebih menarik adalah hindari foto-foto yang klise dan membosankan.

Ada baiknya Anda sewa fotografer profesional untuk memproduksi foto-foto dengan konsep unik dan berbeda dari foto-foto yang digunakan oleh kompetitor Anda. Dan pastikan pula foto produk Anda juga dibuat dengan sangat baik.

2. Infografik

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kepada pengunjung website Anda mengenai siapa Anda, apa yang Anda bisa berikan untuk mereka, apa keunggulan produk Anda, dan mengapa mereka membutuhkan produk Anda adalah dengan menggunakan infografik. Ini mungkin metode paling efsien untuk menyampaikan maksud Anda tanpa harus terjebak dalam membuat teks yang panjang.

3. Gambar dan Diagram

Terkadang sangat sulit untuk menjelaskan proses atau produk yang kompleks dengan kata-kata, karena Anda perlu menulis banyak teks dengan cara yang mudah dipahami oleh pengunjung website Anda. Nah, di situlah peran gambar atau diagram akan sangat membantu Anda. Ini karena gambar atau diagram tersebut benar-benar menyampaikan pesan dengan cara yang paling efisien. Gambar dan diagram yang baik harus mampu membuat pengunjung website Anda dapat dengan mudah memahami apa yang Anda sampaikan tanpa harus membaca banyak teks dan tanpa harus menghabiskan lebih banyak waktu.

4. Grafik

Selain diagram, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyertakan grafik saat mendesain website Anda, karena grafik juga bagus dalam menggambarkan bagaimana produk Anda dapat membantu calon pelanggan mendapatkan solusi dari masalah mereka. Anda bisa menempatkan grafik ini secara terpisah maupun di dalam infografik. Apapun pilihan Anda, ini merupakan konten visual yang akan membuat website lebih menarik.

5. Tabel

Jika Anda menawarkan produk yang memiliki banyak fitur yang beragam, sebaiknya sertakan tabel dalam website Anda, karena tabel digunakan untuk menjelaskan berbagai fitur dengan cara yang paling mudah dipahami. Pengunjung juga dapat dengan cepat melakukan perbandingan antara paket fitur yang Anda tawarkan atau mereka dapat segera menemukan informasi yang mereka minati.

6. Petunjuk Visual

Jika Anda ingin membuat bagian website Anda lebih menarik perhatian pengunjung, Anda dapat menyertakan petunjuk visual. Apa saja itu? Garis dan panah membantu menarik perhatian pengunjung dan mengarahkannya ke arah yang benar. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak berlebihan dalam menggunakannya, yang mana justru bisa mengacaukan halaman. Cukup arahkan pengunjung ke beberapa area utama, seperti tempat-tempat tertentu dalam teks atau link di menu navigasi.

7. Warna

Beberapa orang percaya bahwa menggunakan warna neon yang cerah akan lebih menarik perhatian. Secara teori, ini benar, tetapi, sekali lagi, Anda benar-benar harus berhati-hati tentang jumlah warna “mencolok” yang Anda gunakan. Batasi penggunaannya karena jika terlalu berlebihan justru membuat pengunjung terganggu dan malah bisa-bisa mereka segera meninggalkan website Anda. Jadi, gunakan warna-warna cerah dalam jumlah terbatas saja dan gabungkan dengan warna yang lebih redup atau lebih gelap.

8. Relevan

Fakta bahwa Anda telah menyertakan konten visual itu bagus, tapi itu tidak akan banyak membantu kecuali berhubungan dengan produk Anda. Betapapun lucunya gambar kucing misalnya, jika Anda tidak menjual produk yang berhubungan dengan kucing, Anda justru akan menyampaikan pesan yang salah. Itulah mengapa Anda juga perlu memastikan konten visual yang Anda gunakan tetap relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Seperti yang sudah Anda baca di atas, ada beberapa konten visual yang dapat membantu Anda membuat website lebih menarik, tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa tujuan utamanya adalah untuk menarik keterlibatan pengguna atau pengunjung serta membuat mereka tertarik dengan penawaran Anda. Jadi, gambar Anda tidak boleh kontraproduktif. Pikirkan baik-baik tentang konten visual apa yang Anda butuhkan dan di mana Anda harus menempatkannya. Selamat mencoba!