Reading

7 Strategi E-Commerce 2020 yang Bisa Anda Terapkan

07.08.2020 3 minutes to read

Demo

E-commerce menjadi salah satu tren bisnis digital yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. E-commerce mengalami pertumbuhan rata-rata 15% setiap tahunnya dan pada tahun 2018, penjuualan melalui e-commerce mencapai 3 triliun dolar Amerika.

Di bawah ini adalah 7 strategi e-commerce yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda melalui platform digital.

1. Sentuhan Personal

Di antara sekian banyak bisnis yang turut serta berkompetisi di era digital yang semakin tak terbatas ini, ada satu hal yang membuat sebuah bisnis menonjol dan memiliki kelebihan dari yang lain. Satu hal itu adalah tingkat keterlibatan pelanggan. Hanya karena bisnis Anda dijalankan secara online bukan berarti hubungan dengan pelanggan Anda tidak bisa dibangun.

Untuk itu, pastikan Anda memberikan sentuhan personal kepada pelanggan Anda seperti memberikan penawaran khusus melalui email, pesan singkat, ataupun telepon. Gunakan data pribadi dan data riwayat pelanggan Anda untuk menawarkan layanan yang lebih pribadi kepada setiap pelanggan agar mereka dapat melakukan pembelian kembali.

2. Fleksibel

Hal penting lainnya setelah membangun hubungan baik dengan pelanggan adalah opsi pembayaran. Di dunia e-commerce, semakin fleksibel atau semakin banyak pilihan metode pembayaran yang Anda sediakan untuk pelanggan, maka penjualan Anda akan semakin meningkat.

3. Interaktif

Menawarkan kesempatan kepada pelanggan untuk melihat produk Anda secara menyeluruh dan dengan cara yang nyaman bagi mereka haruslah menjadi langkah yang sudah Anda terapkan. Salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi toko online adalah abandoned cart atau pengabaian keranjang belanja pelanggan. Dan hal ini paling umum diakibatkan karena adanya keraguan pembelian. Keraguan ini muncul karena pelanggan hanya dapat melihat gambar standar produk.

Jika Anda memberikan pelanggan kesempatan untuk melihat gambar produk secara menyeluruh, maka hal ini akan efektif untuk menurunkan tingkat abandoned cart di e-commerce Anda. Maka, pertimbangkan untuk menggunakan gambar 3D atau video 360 yang memungkinkan pelanggan untuk melihat hampir setiap sudut dan celah dari produk Anda.

4. B2B

Ketika kita memikirkan e-commerce, maka kita seringkali terpaku pada level B2C atau Business to Costumer alias bisnis ke pelanggan. Nah, salah satu tren yang bisa mulai Anda ikuti untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih banyak lagi dari penjualan Anda melalui e-commerce adalah dengan menerapkan B2B atau Business to Business, yang mana saat ini pertumbuhannya lebih pesat dibandingkan B2C saja.

5. Gunakan AI

Dengan kemajuan teknologi dan peluang yang semakin fantastis yang dihadirkan oleh kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence), tidak menggunakannya sebagai bagian dari strategi e-commerce Anda akan menjadi sebuah kesalahan. Dengan memfungsikan AI untuk mengotomatiskan beberapa hal tertentu, maka Anda dapat berkonsentrasi pada hal lain yang perlu Anda lakukan sendiri. Contohnya, AI dapat memberi pelanggan Anda opsi obrolan untuk memberikan detail spesifik dari hal yang pelanggan Anda butuhkan sebelum menghubungi tim Anda, sehingga pelanggan akan merasa mendapatkan respon dan interaksi yang lebih baik di toko Anda. AI bahkan dari waktu ke waktu akan menyelesaikan masalah-masalah basic yang pelanggan Anda hadapi secara otomatis.

6. Tampilkan Video

Kita sekarang hidup di dunia influencer, dan inti dari influencer adalah video. Menampilkan video, bahkan pada level paling dasar untuk bisnis e-commerce Anda bisa mendorong penjualan Anda. Video sendiri memiliki banyak tujuan. Anda dapat memperkenalkan produk, atau bahkan menawarkan instruksi cara menggunakan produk tersebut.

Secara keseluruhan, video adalah cara yang jauh lebih nyaman dan personal untuk menyajikan produk kepada pelanggan, yang mana hal ini akan membangun engagement antara brand dan produk Anda dengan pelanggan Anda.

7. Go International

Tidak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia masih begitu banyak toko online yang memiliki keterbatasan jangkauan pengiriman. Padahal, salah satu langkah kritis yang mampu mendongkrak penjualan melalui e-commerce adalah dengan go international. Dengan membuat toko Anda menyediakan sebanyak mungkin pilihan bahasa dan jangkauan pengiriman ke berbagai negara, tentu ini akan membuka peluang yang jauh lebih besar untuk bisnis Anda dalam meroketkan penjualan Anda.

Jika Anda serius ingin meningkatkan penjualan Anda melalui e-commece, maka pertimbangkan untuk menyesuaikan toko Anda dengan beberapa strategi di atas. Entah Anda memutuskan untuk mengambil salah satu atau semua yang disebutkan di atas, semua itu dapat Anda sesuaikan dengan market dan produk Anda lebih dulu. Namun, satu hal yang pasti adalah, e-commerce masih akan terus mengalami perkembangan, jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk mengoptimasinya sejak sekarang.