Reading

6 Keuntungan PWA untuk Mengembangkan Bisnis Anda

01.06.2020 3 minutes to read

Demo

Banyak bisnis telah menikmati berbagai manfaat dari penerapan teknologi yang satu ini. PWA atau Progressive Web Apps sendiri sudah digunakan sejak beberapa tahun belakangan oleh bisnis-bisnis besar seperti Google, AliExpress, serta FlipKart yang diklaim telah mencapai peningkatan sebesar 50-100% dalam tingkat retensi dan konversi mereka sejak menerapkan teknologi ini.

PWA adalah aplikasi web yang didasarkan pada teknologi web standar dengan penambahan fitur JavaScript terbaru. Dengan kombinasi seperti itu, memungkinkan kita untuk membuat halaman web ultra cepat dengan PWA, yang memberikan pengalaman pengguna atau user experience serta engagement yang lebih baik, serta peningkatan konversi.

Terlebih lagi, PWA ini mampu menjembatani gap antara halaman web responsive (responsive web page) dan aplikasi seluler (mobile app), serta dapat disimpan di desktop seperti halnya aplikasi native Android atau iOS.

Nah, berikut ini adalah 6 keuntungan menerapkan PWA untuk bisnis Anda:

1. Mobile First

Di era mobile seperti sekarang ini, banyak orang melakukan hal-hal seperti berbelanja online melalui perangkat seluler mereka. Nah, di sini PWA sangat cocok dengan pendekatan mobile-first. Jika Anda memiliki website toko online yang dikembangkan dengan PWA, maka Anda tidak perlu khawatir karena website Anda akan berfungsi pada perangkat seluler tanpa masalah.

2. Kombinasi Native App dan Mobile Web

PWA menggabungkan antara UX (user experience) dari aplikasi native dengan manfaat mobile web atau website seluler. Ini artinya, website yang dikembangkan dengan PWA dapat berjalan dengan lancar baik sebagai halaman web dan aplikasi native sekalipun.

3. Hemat 75% BIaya

Website yang dibangun dengan teknologi PWA diklaim mampu menghemat hingga 75% dari biaya aplikasi native (baik untuk biaya pengembangan dan pemeliharaan). Dengan PWA Anda tidak perlu membuat aplikasi native yang terpisah untuk toko online Anda, cukup untuk menyesuaikan halaman depan dari toko Anda.

4. Bekerja Secara Offline

Salah satu yang paling disukai dari teknologi ini adalah bahwa PWA dapat bekerja dan digunakan secara offline sehingga memungkinkan pengguna untuk terus menjelajah bahkan tanpa koneksi internet.

5. Kecepatan Loading 2-3 Kali Lebih Cepat

Loading time atau kecepatan memuat halaman pada PWA disebut mampu mencapai 2-3 kali lebih cepat dibandingkan dengan website-website responsif atau m.dot. Google mobile-fisrt indexing membantu untuk mengekspresikan kecepatan PWA yang tinggi dan melancarkan kinerja pada perangkat seluler. Google Mobile First Index sendiri adalah cara pengindeksan Google yang mengutamakan versi mobile sebuah website untuk menentukan ranking.

6. Aplikasi yang Super Ringan

Dengan loading time atau waktu pemuatan websiteyang lebih cepat, teknologi PWA akan mengurangi beban server, sehingga website Anda tidak akan mengalami crash atau melambat saat traffic sedang padat. Selain itu, aplikasi PWA sangat ringan. Berat dari aplikasi PWA diklaim berkurang 80-90%. Tidak percaya? Coba bandingkan saja aplikasi native Twitter yang mencapai 100MB + dengan Twitter Lite (PWA) yang hanya 1.5MB!

Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis Anda dengan menggunakan teknologi PWA. Namun pada dasarnya, bergantung pada solusi yang Anda pilih, layanan pengembangan PWA dapat mengarahkan bisnis Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi seperti menyederhanakan manajemen tempat penjualan Anda, meningkatkan UX toko online Anda atau bahkan menjangkau pelanggan baru di area-area dengan koneksi internet yang buruk. Jadi, apakah Anda tertarik mengembangkan PWA untuk bisnis Anda?