Reading

5 Tips untuk Membuat Desain UI/UX Mobile Apps Anda Lebih Baik

23.09.2020 3 minutes to read

Demo

Mobile apps atau aplikasi seluler adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang-orang saat ini beralih ke seluler. Pada tahun 2017 yang lalu, jumlah unduhan aplikasi mencapai 197 miliar dan diprediksi akan mencapai 353 miliar unduhan pada tahun 2021. Orang-orang saat ini beralih ke mobile apps karena fungsi dan kemampuannya untuk menyelesaikan berbagai hal dengan cepat. Tapi apa yang membuat mobile app lebih baik? Desain UI/UX adalah salah satu jawabannya.

Mobile apps yang didesain dengan baik dari segi UI (User Interface) dan UX (User Experience) akan memastikan keberhasilan dari aplikasi tersebut. Mayoritas pengguna lebih menyukai aplikasi yang memiliki desain sederhana namun elegan dan memiliki kinerja yang baik. Desain UI/UX untuk mobile apps tidak boleh dibuat sedemikian rupa sehingga justru memperlambat kinerja aplikasi. Ini akan mengakibatkan pengguna melakukan pencopotan atau uninstall pada aplikasi tersebut.

Membuat Desain UI/UX Mobile Apps Menjadi Lebih Baik

Berikut ini adalah 5 tips untuk membuat desain UI/UX Mobile Apps Anda menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kepuasan pengguna dalam mengakses aplikasi Anda:

1. Gunakan Elemen Konvensional atau Familiar

Menggunakan elemen yang familiar atau sudah dikenal pada mobile apps Anda akan menghemat waktu bagi pengguna. Mereka dapat dengan cepat mempelajari aplikasinya tanpa merasa bingung. Elemen seperti tombol, ikon, warna, dan simbol harus didesain agar memudahkan pengguna mengenalinya. Semakin cepat pengguna belajar mengoperasikan aplikasi, semakin tinggi kemungkinannya untuk menyukai aplikasi tersebut. Dan tentu saja, menghindarkan terjadinya uninstall.

2. Buat Seinteraktif Mungkin

Faktanya, aplikasi yang interaktif lebih baik daripada aplikasi non-interaktif. Saat Anda mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, ini membuat koneksi di antara mereka. Aplikasi interaktif memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menavigasi diri mereka sendiri melalui jendela yang berbeda. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri terhadap pengalaman pengguna sehingga mereka akan menyukai aplikasi Anda.

3. Pertahankan Kesederhanaan

Keep it simple. Ya, jika suatu fitur dapat dibuat dengan cara yang sederhana, tidak berlebihan, maka pengguna akan lebih mudah dalam menggunakannya. Desain yang rumit justru akan membuat pengguna bingung dan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi Anda. Statistik juga menunjukkan bahwa mobile apps dengan desain sederhana memiliki lebih banyak pengguna daripada mobile apps dengan desain yang rumit.

4. Fokus Pada Hal-Hal Terbatas

Seringkali desain UI/UX pada sebuah mobile app berfokus pada begitu banyak elemen pada saat yang bersamaan sehingga seluruh pengalaman pengguna menjadi buruk. Maksudnya, jika terlalu banyak elemen yang muncul di layar, hal itu tidak akan membuat pengguna fokus pada konten dari mobile apps Anda. Konten yang terlalu padat di layar adalah penyebab pengguna tidak menyukai sebuah aplikasi dan cenderung untuk melakukan uninstall.

5. Pertahankan Keseragaman

Sangat penting agar desain dibuat seragam di semua halaman. Keseragaman menunjukkan kualitas dari pekerjaan yang dilakukan dalam mendesain UI/UX dari sebuah mobile app. Tidak hanya dengan ikon atau tombol saja, tetapi warna dan pola juga sebaiknya dijaga agar tetap seragam di semua media.

Desain UI/UX adalah hal yang perlu diperhatikan saat Anda mengembangkan sebuah mobile app. Desain mobile app harus menarik perhatian pengguna dan memastikan mereka menghabiskan waktu sebanyak mungkin di aplikasi tersebut. Namun, pengguna harus mampu memahami desain dan navigasi dengan cukup baik untuk membuat mereka tetap mempertahankan penggunaan aplikasi Anda tersebut. Jadi, selamat menerapkan tips di atas!