Reading

5 Elemen Penting Untuk Desain Website yang Efektif

21.04.2020 3 minutes to read

Demo

Di era digital seperti sekarang ini, website atau situs web untuk bisnis telah menjadi inti dari strategi marketing dalam melakukan penawaran kepada para pelanggan. Website bisnis ini mungkin kita kenal juga sebagai company profile, di mana pengunjung akan mendapatkan berbagai informasi yang lengkap mengenai perusahaan Anda, mulai dari sejarah, nilai-nilai, visi, dan misi perusahaan, hingga produk ataupun layanan yang Anda tawarkan beserta detail kontak agar pengunjung bisa menghubungi Anda.

Website ini merupakan wajah dari perusahaan atau bisnis Anda yang sangat menentukan impresiatau kesan yang didapatkan pengunjung ketika melihat website Anda. Dan, jika pengunjung ternyata tidak menyukai apa yang Anda tampilkan di website Anda atau tidak menemukan apa yang mereka butuhkan, maka ini bisa menjadi masalah besar bagi Anda.

Desain dan penampilan sebuah website, mudahnya pengunjung untuk melakukan navigasi, serta kelengkapan informasi yang dicari pengunjung adalah beberapa pertanyaan yang sederhana namun penting untuk menentukan apakah website Anda efektif atau tidak.

Dengan begitu banyaknya kompetitor yang sama-sama menggunakan strategi digital, maka ini menjadi lebih penting lagi bagi Anda untuk memberikan kesan pertama yang baik bagi pengunjung Anda. Karena jika tidak, mereka akan dengan mudahnya beralih ke website kompetitor Anda. Faktanya, waktu rata-rata pengunjung untuk tetap berada di satu halaman website ternyata hanya 10-20 detik saja jika mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari. Jadi, pastikan Anda membuat desain website yang efektif agar benar-benar menarik di mata pengunjung Anda dan betah untuk berselancar di website Anda.

Berikut ini ada 5 elemen penting dalam sebuah desain website untuk membuatnya efektif dan menarik pengunjung:

1. Logo Perusahaan

Logo adalah identitas perusahaan Anda, sehingga sangat penting agar logo Anda ditampilkan di website Anda. Tampilkan sedemikian rupa sehingga mata pengunjung langsung tertuju padanya. Umumnya penempatan logo terbaik adalah di sudut kiri atas dari halaman utama website Anda. Dan jangan lupa, logo harus cukup besar, sehingga semua elemen logo terlihat. Gunakan gambar beresolusi tinggi.

2. Font

Sebuah desain yang efektif adalah di mana audiens dapat membaca konten yang ditampilkan dalam desain tersebut. Jangan berlebihan dan gunakan font yang elegan dan mewah untuk membuat website Anda terlihat menarik. Tetap gunakan font yang umum, dan ada baiknya Anda coba gunakan font yang sama di seluruh website Anda agar terlihat profesional.

3. Warna

Penggunaan warna akan menentukan apakah website Anda terlihat profesional atau tidak. Jangan membuatnya terlalu ramai dan berwarna-warni seperti pelangi, namun tetap gunakan maksimal 3 hingga 4 warna, tidak termasuk warna netral. Pertahankan kontras yang baik antara warna latar belakang dan warna teks. Warnanya tidak harus digabung satu sama lain namun tetap harus menarik dan enak dipandang oleh pengunjung.

4. White Space

Buat desain website Anda tetap sederhana, di mana penggunaan sedikit white space akan membuatnya terlihat bersih dan profesional. White space adalah ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Jangan menambahkan gambar atau teks hanya untuk mengisi bagian yang kosong dalam sebuah halaman website karena justru akan membuatnya terlalu sesak dan padat. Gunakan hanya konten yang berguna dan diperlukan saja.

5. Navigasi

Tujuan orang untuk mengunjungi sebuah website tentunya adalah untuk menemukan jawaban dari apa yang mereka cari. Jika pengunjung tidak dapat menemukan apa yang mereka cari atau mereka merasa sulit untuk menelusuri website Anda, maka ini artinya desain website Anda tidak efektif. Untuk itu, navigasi harus jelas dan sederhana. Semua tautan navigasi harus diberi label dan mudah diakses.

Desain website yang efektif harus dapat mengoptimalkan dan membuat website tersebut secara estetika menyenangkan dan bisa digunakan atau berfungsi dengan baik. Ingat bahwa tujuan desain website Anda dibuat adalah untuk memastikan pengunjung tidak meninggalkan website Anda dan terus menjelajahinya serta menemukan apa yang mereka cari.