Reading

5 Cara Perluas Online Presence untuk Dapatkan Lebih Banyak Penjualan

01.11.2021 3 minutes to read

Demo

Tahukah Anda? Menurut Adaptive Marketing, 97% konsumen menggunakan internet untuk mencari produk yang mereka butuhkan. Bahkan, mereka akan mencari tahu tentang brand atau perusahaannya terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Ya, itulah mengapa memiliki online presence atau kehadiran online itu sangat penting untuk bisnis Anda.

Dengan memiliki kehadiran online, ini akan membantu konsumen menemukan merek Anda sebelum mereka menyadari keberadaan Anda dan membantu mereka mempelajari reputasi Anda sebelum melakukan pembelian. Pada akhirnya, semua informasi ini akan berperan dalam keputusan pembelian konsumen Anda.

Online presence atau kehadiran online dapat ditentukan oleh betapa mudahnya menemukan merek atau perusahaan secara online. Ini penting untuk membangun reputasi merek Anda, meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek, dan memberikan visibilitas ke produk atau layanan Anda saat pengguna menelusuri kata kunci terkait.

Nah, berikut ini adalah 5 cara untuk memperluas online presence Anda yang sangat sederhana dan mudah untuk Anda terapkan mulai dari saat ini juga.

1. Aktif Secara Online

Untuk mendapatkan kehadiran online, tentu saja Anda harus aktif secara online. Caranya, Anda bisa memposting konten secara rutin ke media online yang Anda miliki, entah itu website, blog, atau akun media sosial Anda. Selain itu, Anda juga harus aktif di area lain. Misalnya, Anda harus terlibat dengan pengikut dan pelanggan Anda di media sosial. Jika ada sesuatu yang dibicarakan semua orang di industri Anda, maka Anda dapat terlibat dalam percakapan tersebut.

2. Memiliki Media Sosial

Berada di media sosial adalah suatu keharusan di zaman sekarang ini. Faktanya, pada tahun 2019 saja ada 3,2 miliar orang di media sosial secara global. Ini artinya, media sosial adalah alat utama untuk menjangkau target pasar yang Anda tuju di platform mana pun yang mereka sukai.

Memiliki kehadiran di media sosial menanamkan kepercayaan pada pelanggan dan prospek Anda saat ini. Selain itu, media sosial juga adalah cara yang bagus untuk membangun kredibilitas dan reputasi Anda serta untuk memamerkan brand dan produk Anda.

3. Memiliki Website

Hal ini memang sudah sering disampaikan, tapi sekali lagi, untuk dapat tampil secara online, Anda harus memiliki website. Selain media sosial, salah satu tempat pertama yang akan dikunjungi orang untuk mengetahui lebih banyak tentang brand Anda adalah website Anda. Di website inilah, Anda akan menarik calon pembeli dengan memberikan solusi untuk masalah mereka.

4. Membangun Email List

Salah satu cara terbaik untuk membangun online presence Anda adalah dengan membuat dan mengembangkan email list atau daftar email. Daftar email akan memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan Anda setiap hari, setiap minggu, dan seterusnya. Untuk mengembangkan daftar email, Anda dapat membuat konten email yang memberikan benefit bagi pelanggan Anda dan pastikan Anda mencantumkan Call To Action (CTA) di website dan media sosial Anda untuk menarik pengguna agar berlangganan email Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengumpulkan email prospek Anda, dan selain itu, ini menunjukkan prospek dan pelanggan Anda tertarik dengan konten Anda.

5. Memperbanyak Konten

Semakin banyak konten yang Anda buat dan bagikan, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk muncul secara online. Memiliki online presence adalah tentang muncul di mesin pencari, di media sosial, dan situs lainnya seperti YouTube. Untuk mulai memproduksi konten, susun strategi tempat yang ingin Anda tampilkan secara online. Apakah Anda ingin berada di Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, Pinterest, atau Etsy? Untuk menentukan hal ini, pastikan Anda lakukan riset pasar terlebih dahulu dan tentukan prioritas di mana platform yang paling banyak Anda temukan prospek Anda aktif di sana. Setelah itu, mulailah membuat konten yang paling sesuai untuk media tersebut.

Online presence telah menjadi elemen yang sangat penting untuk setiap bisnis dan brand. Ini dapat memainkan peran penting dalam kesuksesan usaha Anda. Jadi, saatnya Anda maksimalkan online presence Anda mulai dari sekarang!