Reading

3 Hal Penting Sebelum Melakukan Redesain Website Anda

26.05.2020 3 minutes to read

Demo

Apakah Anda ingin melakukan perbaikan pada website Anda? Mungkin dengan melakukan redesain website? Dari mana Anda harus memulai untuk membuat website Anda menjadi lebih optimal? Saatnya merencanakan strategi pembenahan website Anda terlebih dahulu.

Sebelum menentukan apakah Anda harus melakukan redesain website Anda sepenuhnya, ada baiknya Anda periksa dulu beberapa hal berikut ini agar pembenahan website Anda bisa dilakukan pada titik-titik yang tepat dan hasilnya pun akan efektif.

1. Tiga Tindakan Pengguna

Urutan pertama yang mutlak perlu Anda lakukan ketika merencanakan pengembangan, pembenahan, maupun redesain website Anda adalah menentukan 3 (tiga) hal utama yang Anda ingin orang lakukan di website Anda.

Jika Anda membenahi hal-hal lain lebih dulu dan melewatkan langkah ini, bisa jadi strategi pembenahan website Anda akan terputus-putus karena tidak sesuai dengan customer journey atau perjalanan interaksi pengguna website Anda.

Untuk itu, mulailah terlebih dahulu dengan mengidentifikasi tidak lebih dari 3 tindakan paling penting yang Anda ingin orang lakukan di website Anda. Ini nanti akan menjadi acuan untuk langkah-langkah berikutnya dalam pembenahan website Anda.

2. Visi Struktur Website

Salah satu hal paling penting yang Anda perlukan dalam strategi pengembangan dan pembenahan website Anda adalah rencana untuk struktur website Anda. Goal Anda di sini adalah untuk membuat struktur yang memungkinkan pengguna bergerak secepat dan semudah mungkin untuk menyelesaikan 3 hal utama yang Anda identifikasi pada langkah sebelumnya.

Strategi situs web hampir selalu dimulai di sini, sebagaimana mestinya. Anda harus mulai dengan memetakan bagaimana seseorang akan menavigasi website Anda untuk mengetahui halaman mana yang akan dibuat. Strategi yang baik untuk struktur situs web akan membantu Anda melihat beberapa hal, seperti:

  • Bagaimana menu navigasi (atau menu) akan berfungsi
  • Struktur dan susunan informasi di website Anda
  • Halaman yang diperlukan yang mungkin tidak terwakili di navigasi
  • Apa jenis halaman yang Anda butuhkan
  • Apa yang akan Anda masukkan di bagian footer

Dokumentasi struktur website Anda akan menguraikan kombinasi halaman yang ingin Anda buat, yang kemudian digabungkan dan disesuaikan ulang dengan halaman yang mungkin sudah ada di website Anda saat ini.

3. Visi untuk Halaman

Setelah menentukan jenis halaman yang Anda butuhkan, sekarang saatnya untuk memikirkan jenis informasi apa saja yang perlu ada di halaman tersebut. Sekali lagi, Anda akan sangat bergantung pada jalur pengguna yang sudah Anda buat untuk tujuan utama Anda di langkah pertama di atas.

Di setiap halaman, Anda ingin memikirkan informasi apa yang ingin dipelajari pengguna pada halaman itu, apa tindakan mereka selanjutnya, dan bagaimana mengarahkan mereka untuk melakukan tindakan tersebut. Untuk memutuskan apa yang akan diletakkan di setiap halaman, tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana cara pengguna bisa sampai di halaman ini?
  • Mengapa mereka memilih untuk datang ke halaman ini?
  • Ke mana mereka akan pergi selanjutnya?
  • Informasi apa yang mereka butuhkan agar merasa nyaman dan tidak ragu untuk mengambil langkah selanjutnya?
  • Bagaimana saya bisa membuat langkah berikutnya (tindakan yang Anda ingin mereka lakukan) sejelas mungkin bagi mereka?

Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda harusnya sudah bisa mendapatkan ide yang cukup bagus tentang jenis informasi apa yang harus bisa dijumpai oleh pengguna di halaman website Anda, dan tentu saja Call to Action atau ajakan bertindak apa yang harus Anda tampilkan, serta bagaimana membuat pengguna terus bergerak dan bertindak selama menjalani journey mereka.

Nah, sekarang Anda sudah memahami bahwa ada hal-hal utama yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan redesain website Anda. Dengan panduan sederhana ini, Anda akan mampu membuat keputusan yang tepat pada setiap tahap dalam proses pengembangan dan pembenahan website Anda. Semoga berhasil!