Reading

3 Alasan Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis Anda

16.07.2020 3 minutes to read

Demo

Tahukah Anda? Menurut data dari eCommerce Foundation, 88% konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu tentang informasi produk sebelum mereka melakukan pembelian, baik pembelian secara online maupun pembelian di toko fisik. Tren perilaku konsumen dalam melakukan pembelian ini menunjukkan betapa pentingnya memiliki website resmi bagi sebuah bisnis, termasuk untuk bisnis Anda.

1. Website untuk Pemasaran

Pentingnya sebuah website untuk pemasaran meluas ke setiap aspek strategi pemasaran digital Anda. Website bahkan menjadi pilar atas keberadaan bisnis Anda secara online, di mana setiap jenis komunikasi, konten, atau iklan yang Anda pasang secara online akan mengarahkan konsumen kembali ke website Anda. Karena itu, sangatlah penting agar website Anda mampu memberikan konsumen informasi yang jelas tentang brand Anda, jenis produk, atau layanan apa yang Anda tawarkan.

Dengan adanya website, maka ini menjadi sebuah “home base” bagi semua jalur pemasaran online Anda, mulai dari pemasaran melalui media sosial, search engine optimization (SEO), email, hingga iklan berbayar yang Anda pasang di berbagai platform, yang ke semuanya akan bermuara ke website Anda.

2. Website untuk Penjualan

Penjualan sangat penting untuk setiap bisnis. Ini satu-satunya cara agar Anda dapat menjalankan bisnis Anda. Dan meningkatkan penjualan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Nah, dengan memiliki kehadiran secara online melalui website. Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Semakin banyak konsumen yang Anda jangkau secara online, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk melakukan penjualan.

Dengan keberadaaan website Anda, maka Anda dapat menjual produk dan layanan Anda sepanjang waktu. Kapan pun dan di mana pun, konsumen akan dapat memperoleh informasi mengenai produk dan layanan Anda melalui website Anda.

3. Website untuk Kredibilitas

Pentingnya website untuk membangun kredibilitas bagi sebuah bisnis juga merupakan sesuatu yang patut dipertimbangkan oleh semua perusahaan. Di era digital saat ini, bisnis tanpa website dianggap kurang kredibel oleh konsumen.

Bagaimana website membantu Anda membangun kredibilitas? Website memungkinkan konsumen untuk mengetahui lebih banyak tentang brand dan produk Anda. Bahkan, di dalam website ini, Anda bisa menampilkan profil perusahaan Anda dan visi misinya. Dengan membantu konsumen mengenal bisnis Anda, maka ini akan membangun kepercayaan konsumen, yang merupakan langkah pertama dalam membangun hubungan pelanggan yang mampu bertahan lama.

Pentingnya Memberikan Akses Tanpa Batasan Waktu pada Bisnis Anda

Selain penting untuk pemasaran, penjualan, serta kredibilitas bisnis Anda, salah satu yang paling penting dari memiliki sebuah website adalah bahwa website Anda akan memberikan aksesibilitas tanpa batasan waktu pada konsumen Anda.

Berbeda dengan penjualan konvensional secara offline, maka website akan mempromosikan bisnis Anda secara non stop selama 24 jam sehari. Dengan website, Anda menyediakan tempat bagi konsumen untuk dengan leluasa mempelajari produk dan layanan Anda, kapan saja, entah itu pagi, siang, hingga atau malam hari. (Baca juga: Manfaat Web Apps Dalam Strategi Marketing)

Dan bagian terbaiknya adalah, Anda tidak perlu secara fisik berada di sana setiap saat untuk tetap mendapatkan kunjungan dari konsumen potensial bahkan untuk mendapatkan penjualan. Website pun bisa berfungsi sebagai tenaga penjualan digital pribadi Anda sendiri. Website akan Anda memberi konsumen apa yang perlu mereka ketahui tentang produk Anda, melakukan penjualan, dan mengumpulkan informasi pembayaran mereka secara online. Jadi, sudah saatnya Anda memiliki website untuk bisnis Anda!